Kisah Luffi, Srikandi PLN Saat Tangani Banjir di Kudus

Sakti Setiawan
Senin 22 April 2024, 15:32 WIB
Luffiah Oprisa, Junior Teknisi Pemeliharaan Gardu Induk PLN. (Sumber:  | Foto: dok pln.)

Luffiah Oprisa, Junior Teknisi Pemeliharaan Gardu Induk PLN. (Sumber: | Foto: dok pln.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Cuaca buruk tidak menjadi penghalang bagi PLN untuk berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Di tengah kondisi banjir yang mengepung wilayah Kabupaten Kudus dan Demak di penghujung Maret lalu, PLN Unit induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melalui UPT Semarang dan ULTG Kudus bergerak cepat lakukan penanganan banjir agar peralatan listrik di Gardu Induk (GI) 150 kV Kudus dapat beroperasi normal dan tetap aman.

Kolaborasi seluruh pegawai, mitra kerja dan stakeholder membuat pasokan listrik terjaga dan suplai listrik ke pelanggan tetap lancar.

Tentunya keberhasilan tersebut tak lepas dari peran Srikandi PLN. Ia adalah Luffiah Oprisa, sosok srikandi PLN yang tidak gentar berkecimpung di tengah banjir untuk memastikan peralatan listrik pada GI Kudus tetap aman.

Dara berusia 25 tahun yang akrab dipanggil Luffi ini kesehariannya bekerja sebagai Junior Teknisi Pemeliharaan Gardu Induk.

Luffi menceritakan pengalamannya mengikuti rangkaian kegiatan penanganan mulai antisipasi agar air tidak masuk ke Ruang Kontrol dan Ruang Panel, melakukan pengecekan peralatan hingga menyalakan kembali material transmisi utama (MTU) yang terdampak banjir. Sebagai satu-satunya perempuan yang telah bekerja selama 3 tahun di bagian pemeliharaan Gardu Induk, Luffi tidak segan membantu.

“Banjir waktu itu menyebabkan sebagian pagar GI roboh, sehingga membuat debit air sangat deras. Saya dan teman-teman tim recovery lainnya segera melakukan evakuasi dan pengamanan peralatan dengan secepat mungkin. Pompa-pompa air segera kami operasikan untuk menguras air yang mulai masuk dengan cepat di ruang panel,” cerita Luffi, Senin 22 April 2024.

Setelah ruang panel berhasil diamankan, Luffi beserta tim recovery kemudian membuat tanggul sementara untuk menahan debit air guna mengamankan peralatan trafo maupun trafo mobile yang masih beroperasi.

Dan sebagai srikandi di bagian pemeliharaan Gardu Induk, Luffiah tidak segan membantu rekan lainnya yang didominasi para laki-laki.

“Meski saya satu-satunya perempuan di bagian ini, tapi itu tidak menghalangi semangat saya untuk terus belajar dan bekerjasama. Kesempatan untuk dapat berkontribusi langsung dalam penanganan banjir di Kudus yang lalu menjadi pengalaman begitu berharga untuk saya, bagimana kita bersama-sama, bahu membahu untuk fokus pada satu tujuan yaitu mengamankan Gardu Induk agar listrik dapat beroperasi tanpa gangguan,” terang Luffi.

Berkat perjuangan Luffi dan seluruh tim recovery banjir GI Kudus yang dilakukan selama 6 hari berturut-turut, seluruh peralatan tegangan tinggi di GI Kudus tetap aman dan beroperasi dengan normal meskipun saat itu kondisi banjir belum surut sepenuhnya.

“Daya sebesar 90 MVA dari Bay Trafo 1 dan Trafo Mobile berhasil dievakuasi dan diamankan dalam kondisi banjir di GI Kudus tempo lalu. Sebanyak lebih dari 50 personil gabungan PLN, termasuk juga para srikandi, dibantu BNPB Kabupates Kudus turun dan berjuang langsung selama 6 hari nontstop dalam evakuasi ini,” tutur Novrizal Erdiansyah Manager PLN UPT Semarang.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono memberikan apresiasi khususnya kepada Luffi, juga seluruh srikandi yang turut berkontribusi menjaga keandalan pasokan listrik.

“Di hari yang spesial untuk para perempuan 21 April, saya ingin menyatakan apresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh srikandi di PLN UIT JBT. Dengan perannya masing-masing, baik di sisi operasional transmisi maupun di sisi administrasi, mereka bersinar dan berkontribusi untuk memberikan pelayanan terbaik, yakni menjaga pasokan listrik di sisi transmisi ini tetap andal,” kata Tejo.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)