Selain Soal Infrastruktur, Dukungan Masyarakat Dibutuhkan bagi Industri Pariwisata di Semarang

Sakti Setiawan
Rabu 01 Mei 2024, 18:14 WIB
Mbak Ita menyampaikan sambutan pda acara Kemenparekraf di Hotel MG Setos Semarang, Rabu 1 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)

Mbak Ita menyampaikan sambutan pda acara Kemenparekraf di Hotel MG Setos Semarang, Rabu 1 Mei 2024. (Sumber: | Foto: Sakti Setiawan.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Hotel MG Setos Semarang, Rabu 1 Mei 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti dan Analis Kebijakan Ahli Muda Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Endah Ruswanti serta para pelaku Ekonomi Kreatif Kota Semarang.

Dalam kesempatan itu, Mbak Ita sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta kepada masyarakat untuk ikut terlibat dalam promosi pariwisata di Kota Semarang. Ia menyebut pentingnya masyarakat Kota Semarang ikut membantu pemerintah dalam meramaikan destinasi pariwisata.

Di samping perbaikan infrastruktur destinasi wisata dan program-program terkait pariwisata, keterlibatan masyarakat juga sangat berpengaruh untuk memikat wisatawan datang ke Kota Semarang.

“Di lain pihak wisata di Kota Semarang sudah luar biasa perkembangannya. Mengingat Kota Semarang kemarin nomor satu se-Jateng dalam hal jumlah kedatangan atau kunjungan wisatawan saat Lebaran. Dan ini harus terus didorong,” ujarnya.

“Dengan Bimtek ini, diharapkan bisa mendorong dan semakin membuka mindset bagaimana harus melakukan pengelolaan promosi, tentu bisa menjadi support spirit bagaimana pariwisata bisa berkelanjutan,” lanjutnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti menjelaskan, jika program ini adalah salah satu kolaborasi bersama Kemenparekraf dalam menggairahkan pariwisata di daerah. Dengan kegiatan ini, diharapkan kepala daerah mampu bersama masyarakat untuk terus memajukan potensi destinasi wisata di wilayahnya.

“Kita sekarang sedang melatih untuk begitu, supaya Kota Semarang, kalau ada yang hadir walaupun sebentar meninggalkan kesan dan kenangan. Dan sekarang di bawah kepemimpinan Bu Wali sedang memaksimalkan dan sedang berbenah, berinovasi, agar destinasi menyenangkan. Harapan dengan Bimtek yang berlangsung beberapa hari ini, bisa muncul semangat dari warga untuk mengajak bareng supaya Kota Semarang menjadi kota pariwisata yang lebih baik lagi,” terangnya.

Sementara Analis Kebijakan Ahli Muda Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Endah Ruswanti memastikan, jika pihaknya akan terus melakukan pendampingan agar pemerintah daerah bisa membuat konsep destinasi wisata yang berkelanjutan. Menurutnya, Kota Semarang sendiri memiliki potensi wisata yang luar biasa, dengan keanekaragam budaya, kuliner, sejarah, dan religi.

“Pariwisata harus berkelanjutan, tidak hanya sosial ekonomi, tapi lingkungan. Jadi kami mendorong pariwisata berkelanjutan dan Kota Semarang karena potensi luar biasa, maka patut disupport,” imbuhnya.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)