Huawei Luncurkan Solusi Smart City untuk Mempercepat Perkembangan Teknologi Pintar pada Pemerintah Kota, Bagaimana dengan Semarang?

Ali Rahmat
Senin 04 Maret 2024, 15:28 WIB
Ilustrasi | (Sumber: Pexels/ThisIsEngineering)

Ilustrasi | (Sumber: Pexels/ThisIsEngineering)

INFOSEMARANG.COM--Konsep smart city sudah diimplementasikan oleh beberapa kabupaten/kota di Indonesia tak terkecuali Kota Semarang.

Kota Semarang sendiri sudah menerapkan smart city beberapa tahun ke belakang dan cukup menghasilkan output yang baik.

Nah, dalam implementasi smart city sebuah kota harus menggunakan teknologi yang mumpuni.

Kita lihat teknologi Huawei. Di MWC 2024, Huawei meluncurkan solusi kota pintar (smart city) generasi baru di sebuah sesi diskusi yang mengusung tema "Building City Intelligent Twins to Accelerate City Intelligence". Para pakar pemerintahan dari Asia Pasifik, Amerika Latin, Afrika, dan Tiongkok membahas topik-topik hangat seputar smart city. Lewat sesi ini, Huawei ingin memfasilitasi digitalisasi pemerintah dan mempercepat perkembangan teknologi pintar pada pemerintah kota.

Pembangunan kota pintar berjalan semakin cepat. Setelah manajemen perkotaan bertambah kompleks, arsitektur dan teknologi baru harus hadir agar digitalisasi kota kian meningkat. "City Intelligent Twins" menjadi arsitektur teknis bagi kota digital generasi baru yang visioner. Memakai sejumlah teknologi seperti penginderaan IoT, konektivitas berkecepatan tinggi, komputasi awan, big data, dan model dasar AI, arsitektur ini ikut membangun sistem pintar dan terintegrasi. Sistem pintar ini juga didukung sinergi cloud-network-edge-device. Lebih lagi, arsitektur teknis "City Intelligent Twins" mengintegrasikan data dari seluruh domain untuk tata kelola perkotaan, menjamin kegiatan operasional yang berkesinambungan, serta menghasilkan kelancaran dan optimalisasi otomatis sehingga kota menjadi semakin pintar.

Zhou Hongquan, COO, Government Public Services Digitalization BU, Huawei, berkata, "Arsitektur inovatif city intelligent twin merupakan pencapaian terbaru Huawei dalam efisiensi perkotaan. Arsitektur ini meningkatkan kualitas hidup, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di smart city."

Dengan arsitektur city intelligent twin, Huawei bekerja sama dengan mitra-mitra global untuk membangun infrastruktur digital baru. Tujuannya, menghasilkan tata kelola perkotaan yang efisien dan mempercepat perkembangan teknologi pintar pada pemerintah kota. Dalam praktiknya, Huawei berhasil meningkatkan efisiensi kolaborasi antara instansi pengelola kota sebesar 40% dan efisiensi penanganan opini publik sebesar 30%.

Di MWC 2024, Huawei memamerkan solusi mutakhir seperti smart city IOC, solusi layanan pemerintah, serta model dasar AI untuk pemerintah kota yang ingin meningkatkan tata kelola. IOC mengintegrasikan sejumlah fitur seperti city perception, manajemen operasional, collaborative command, analisis pengambilan keputusan. Bahkan, IOC berfungsi sebagai "pusat" pengelolaan pemerintah kota. Sementara, solusi layanan pemerintah menggunakan asisten AI yang menjalankan layanan pemerintah dengan mudah dan pintar. Model dasar AI untuk pemerintah kota juga diterapkan dalam kegiatan operasional pemerintah kota, manajemen, komando, dan layanan yang meningkatkan kualitas, sekaligus mengoptimalkan efisiensi dan membangun landasan bagi teknologi pintar pemerintah kota.

Ke depan, Government Public Services Digitalization BU akan terus berkolaborasi dengan mitra global, serta memanfaatkan TIK mutakhir, dan arsitektur city intelligent twin yang terbuka dan terkonvergensi. Lewat langkah ini, Huawei berkontribusi pada pembangunan smart city, serta mewujudkan kota yang memiliki indra, mampu berpikir, dan berkembang.

Sebagai gambaran, smart city sendiri merupakan konsep integrasi sistem teknologi informasi dan komunikasi lewat implementasi IoT (Internet of Things) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kota. Pemerintah Kota Semarang mencoba konsisten untuk fokus pada peningkatan kualitas pelayanan masyarakat sesuai dengan dimensi kota cerdas. Pemkot Semarang berupaya menjamin kelayakan taraf hidup masyarakat berdasar tiga elemen utama yaitu kelayakan pola hidup, kelayakan kualitas kesehatan, dan kelayakan moda transportasi.

Follow Berita Info Semarang di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Olahraga18 April 2024, 15:34 WIB

Komitmen Dukung PSIS, Pemkot Semarang Fasilitasi Tim Mahesa Jenar Kembali Latihan di Stadion Citarum

Hal tersebut sebagai upaya mendukung tim kebanggan warga Kota Semarang agar mampu berprestasi di kancah Liga 1 2023/2024.
Stadion Citarum Semarang. (Sumber: )
Pendidikan17 April 2024, 19:19 WIB

Pererat Silaturahmi, FUHUM UIN Walisongo Semarang Gelar Halal Bi Halal

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal civitas akademika pada Rabu, 17 April 2024.
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal. (Sumber:  | Foto: dok Humas FUHUM UIN Walisongo Semarang.)
Semarang Raya17 April 2024, 13:43 WIB

Awal Mula Tradisi Kupat Jembut yang Hanya Ada di Semarang, Selalu Digelar Setelah Lebaran

Warga Pedurungan Semarang menggelar Kupat Jembut Semarang sebagai tradisi Syawalan usai Lebaran.
Kupat Jembut tradisi Syawalan di Pedurungan Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: istimewa/Halosemarang.)
Umum17 April 2024, 13:18 WIB

Potongan Tarif 20 Persen Arus Balik dari Semarang Menuju Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini

Bagi masyarakat yang belum kembali ke Jabotabek dapat memanfaatkan potongan tarif tol 20% untuk semua golongan kendaraan.
Arus balik menuju Jakarta. (Sumber:  | Foto: dok Jasa Marga.)
Umum17 April 2024, 13:12 WIB

Besok Kemenag Berangkatkan 20 Bus dari Semarang untuk Program Balik Gratis

Program Balik Gratis ini merupakan inisiasi Menag Yaqut Cholil Qoumas guna memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.
Kantor Kemenag RI. (Sumber: simpatika.kemenag.go.id)
Semarang Raya17 April 2024, 09:10 WIB

Pelaksanaan Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Jateng Lancar

Pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Jawa Tengah berjalan dengan lancar
 (Sumber: )
Semarang Raya16 April 2024, 21:48 WIB

Jumlah Wisatawan di Kota Semarang Saat Libur Lebaran Tertinggi se-Jateng, Kota Lama Favorit

Lonjakan wisatawan tersebut tertinggi di Jateng dengan angka mencapai 340 persen.
Kota Lama Semarang (Sumber:  | Foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/kota-lama-semarang)
Semarang Raya16 April 2024, 14:59 WIB

Tegas! Tak Ada WFH, ASN Pemkot Semarang Yang Bolos Kena Sanksi Potong TPP 15 Persen

Pemkot Semarang tidak memberlakukan Work From Home (WFH), bahkan memberikan sanksi berupa pemotongan TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) jika didapati ada yang membolos.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
 (Sumber:  | Foto: dok )
Semarang Raya16 April 2024, 14:29 WIB

Wali Kota Semarang Apresiasi Petugas Lapangan yang Tidak Libur saat Lebaran

Mbak Ita mengapresiasi para petugas lapangan yang memilih tak libur dan merayakan Lebaran.

Wali Kota Semarang memberikan penghargaan kepada petugas lapangan yang tetap bekerja selama libur Idul Fitri.
 (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot.)
Umum16 April 2024, 11:53 WIB

Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Lebaran, Pj Gubernur Jateng Cek Kehadiran ASN, Hasilnya...

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan apel bersama di halaman Kantor Gubernur setempat, pada Selasa, 16 April 2024 pagi.
Pj Guberbur Jateng Nana Sudjana memimpin apel bersama di halaman Kantor Gubernur, Selasa, 16 April 2024 pagi. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)