Semarang Jadi Kota IHK dengan Inflasi Terendah di Jateng

Sakti Setiawan
Rabu 03 April 2024, 11:48 WIB
Bazar Ramadan dan Gerakan Pangan Murah (GPM) akan dilakukan di Balai Kota Semarang pada Senin 1 April 2024.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan)

Bazar Ramadan dan Gerakan Pangan Murah (GPM) akan dilakukan di Balai Kota Semarang pada Senin 1 April 2024. (Sumber: | Foto: Sakti Setiawan)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Kota Semarang menjadi kota dengan inflasi terendah dari seluruh kabupaten/kota pemantauan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Tengah.

Meski inflasi mengalami peningkatan, namun Kota Semarang masih menjadi kota dengan inflasi terendah dibanding 9 kabupaten/kota IHK di Jateng.

Hal ini disampaikan Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur di Balai Kota Semarang, Rabu 3 April 2024.

"Sebagaimana rilis dari BPS Jawa Tengah, Kota Semarang meski inflasinya mengalami peningkatan namun masih terendah dibanding kabupaten kota yang lain," ujar Hernowo.

"Untuk pengendalian inflasi Kota Semarang tetap melakukan upaya-upaya. Termasuk di dalamnya adalah memperbanyak pasar murah yang kita lakukan selama ini. Baik yang kita lakukan dengan Bank Indonesia, maupun yang dilakukan swadaya teman-teman di kecamatan, maupun oleh Pemerintah Kota Semarang sendiri dengan Pak Rahman (Pasar Rakyat Murah dan Aman-red)," jelasnya.

Tak hanya itu, melalui tim Satgas Pangan, Pemkot Semarang juga melakukan upaya-upaya agar distribusi barang bisa berjalan dengan baik. "Kami terus lakukan upaya menjaga kondusifitas inflasi agar bisa tetap terkendali di Kota Semarang," katanya.

Terkait stok pangan, Hernowo menyebut, persediaan bahan pangan Kota Semarang masih aman hingga tiga bulan ke depan.

"Untuk beras, gula sebagaimana bahan pokok lain aman untuk tiga bulan ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, Fachruddin Tri Ubajani mengatakan, pada Maret 2024 inflasi year on year Kota Semarang sebesar 2,89 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,44.

"Berdasarkan data BPS, inflasi Kota Semarang berada di 2,89 persen, angka ini terendah di Jawa Tengah," kata Fachruddin saat dihubungi, Selasa (2/4/2024).

Komoditas yang menyumbang inflasi pada bulan Maret 2024 di Kota Semarang ini di antaranya daging ayam ras, telur ayam ras, nasi dengan lauk, bayam, serta emas perhiasan.

"Kenaikan harga daging ayam ras menyumbang inflasi 0,14 persen, diikuti nasi dengan lauk 0,1 persen, telur ayam ras 0,08 persen, bayam 0,05 persen dan emas perhiasan 0,04 persen," jelasnya.

Menurutnya, kenaikan harga daging ayam ras dan telur ini juga terjadi di 9 kabupaten dan kota pemantauan Indeks Harga Konsumen di Jawa Tengah.

Hal ini terjadi karena permintaan konsumen dan harga pakan ternak yang masih tinggi. Sementara harga beras, dinilai telah stabil di Kota Semarang. Hal ini tampak dari hilangnya poin beras sebagai komoditas penyumbang inflasi di Semarang.

"Secara Year on Year, inflasi terjadi karena terjadinya kenaikan harga sembilan indeks kelompok pengeluaran. Paling tinggi yakni terpengaruh dari naiknya harga makanan, minuman dan tembakau, yang berpengaruh hingga 8,47 persen terhadap inflasi," ujarnya.

Sedangkan kenaikan harga di restoran/rumah makan atau kelompok penyediaan makanan dan minuman berpengaruh 3,43 persen terhadap inflasi Semarang.

Selanjutnya, ada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 2,10 persen, kelompok pendidikan sebesar 2,05 persen, dan kelompok pakaian dan alas kaki dan kelompok transportasi sama-sama mengalami inflasi sebesar 1,41 persen.

Ada pula kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharan rutin rumah tangga sebesar 1,26 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,78 persen dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,08 persen.

"Sedangkan dua kelompok pengeluaran mengalami deflasi/penurunan indeks, yaitu kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,99 persen dan kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,18 persen," kata dia.

Sementara tingkat inflasi Kota Semarang month to month (m-to-m) dan tingkat inflasi year to date (y-to-d) Kota Semarang bulan Maret 2024 sebesar 0,62 persen dan 1,06 persen.

Seperti diketahui, BPS mencatat dari seluruh kota IHK di Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 9 kabupaten/kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Rembang sebesar 5,38 persen dengan IHK sebesar 109,35 dan terendah terjadi di Kota Semarang sebesar 2,89 persen dengan IHK sebesar 105,44.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya06 Mei 2024, 12:50 WIB

Kota Semarang Bakal Tambah Tiga SMP Negeri pada 2025, Lokasinya Ada Di Sini

Proses kajian penambahan SMP baru sedang dibahas, termasuk detail engineering design (DED) yang berkaitan dokumen desain teknis bangunan hingga biaya pengerjaan.
SMP N 48 Semarang akan dibangun dengan memecah SMPN 20 Semarang.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Semarang Raya06 Mei 2024, 12:21 WIB

Tempat Jajan Enak Harga Mahasiswa di Tembalang Semarang, No 7 Bikin Ngiler

Salah satu lokasi yang memiliki banyak tempat kuliner maupun jajanan adalah daerah atas, sekitar Tembalang.
Ilustrasi makanan. (Sumber: freepik | Foto: freepik)
Semarang Raya06 Mei 2024, 11:38 WIB

Fantasi Jeri, Penjual Siomay yang Ditangkap Polisi Karena Mencuri Ratusan Celana Dalam Wanita

Jeri ditangkap karena mencuri ratusan celana dalam wanita dari berbagai kos-kosan di kawasan Tembalang dan Banyumanik di Kota Semarang.
Jeri saat ditangkap petugas Polsek Banyumanik Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok Humas Polri.)
Semarang Raya06 Mei 2024, 10:34 WIB

Info 10 Bengkel Servis AC Mobil di Semarang

Agar berkendara di jalanan Kota Semarang menggunakan mobil tetap nyaman, maka Air Conditioner (AC) perlu di servis. Berikut ini adalah rekomendasi bengkel AC mobil di Kota Semarang.
Rekomendasi bengkel AC mobil di Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya05 Mei 2024, 13:43 WIB

Empat Unsur Budaya Meriahkan Semarang Night Carnival, Jadi Ajang Promosi Wisata

Tema yang diangkat dalam Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Semarang ke-477 yakni “Niscala” yang memiliki arti kekokohan dan kekuatan.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu ikut memeriahkan perayaaan SNC 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum04 Mei 2024, 15:14 WIB

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, situasi keamanan di wilayahnya dinilai kondusif, sehingga baik untuk pertumbuhan iklim investasi.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat menerima direksi Sunra. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Bisnis03 Mei 2024, 19:43 WIB

KAI Daop 4 Semarang Berikan Tarif Khusus untuk KA dan Relasi Tertentu, Simak Rinciannya

Melalui program ini, masyarakat dapat membeli tiket dengan tarif yang lebih terjangkau selama tempat duduk masih tersedia.
Penumpang kereta api di stasiun Tawang Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Mei 2024, 19:27 WIB

Pabrik Motor dan Sepeda Listrik Dibangun di Genuk Semarang, Serap Ribuan Tenaga Kerja

Kapasitas pabrik ini mencapai 1,5 juta unit per bulan, 70 persen sepeda listrik dan 30 persen motor listrik.
Lokasi pembangunan  pabrik baru sepeda dan motor listrik di Semarang.
Umum03 Mei 2024, 13:02 WIB

Sebanyak 195 Ribu Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit

Tercatat sudah lebih 195ribu visa jemaah haji reguler yang terbit atau sekitar 92% dari total kuota.
Pelaksanaan ibadah haji di bulan Dzulhijjah (Sumber: Twitter | Foto: Twitter)
Semarang Raya03 Mei 2024, 08:00 WIB

Ayo Merapat, Pemkot Semarang Siapkan 477 Porsi Nasi Goreng, Cek Lokasinya

Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu akan bersama Chef Bobon Santoso melakukan masak besar dengan menu Nasi Goreng Semarang.
Pemkot Semarang Siapkan 477 Porsi Nasi Goreng (Sumber:  | Foto: dok Pemkot Semarang.)