Mencantumkan Pengalaman Berwirausaha dalam CV, Perhatikan 5 Hal Ini Agar Terlihat Menonjol di Mata HRD

Galuh Prakasa
Kamis 10 Agustus 2023, 18:08 WIB
Ilustrasi | Mencantumkan pengalaman wirausaha di CV agar menonjol di mata HRD. (Sumber : Pexels/cottonbro studio)

Ilustrasi | Mencantumkan pengalaman wirausaha di CV agar menonjol di mata HRD. (Sumber : Pexels/cottonbro studio)

INFOSEMARANG.COM -- Jika Anda pernah bekerja sendiri sebagai pemilik bisnis, pekerja lepas, atau kontraktor, Anda pasti tahu betapa mengasyikkannya mengendalikan masa depan Anda sendiri.

Namun, kewirausahaan tidak cocok untuk semua orang. Mungkin bisnis Anda tidak berhasil, atau mungkin Anda lelah dengan manajemen bisnis dan biaya sebagai pekerja lepas.

Bagaimanapun juga, beberapa pengusaha akhirnya ingin kembali bekerja penuh waktu sebagai karyawan.

Baca Juga: Sambut HUT RI, Lunpia Cik Meme Gelar Promo Kemerdekaan Beli 1 Gratis 1

Tidak peduli alasan Anda kembali ke dunia kerja sebagai karyawan, satu hal pasti: Menjadi pemilik dan bekerja pada pengembangan bisnis bisa jadi lebih rumit untuk dituangkan dalam template CV daripada pengalaman tradisional.

Tetapi jangan khawatir: Kami akan membantu membuat CV Anda siap untuk pencarian kerja dalam waktu singkat.

Meskipun bisa menakutkan untuk beralih dari pekerja lepas menjadi pekerja tetap, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan dengan membangun CV yang kuat yang mencerminkan pengalaman Anda sebagai individu yang bekerja sendiri.

Alih-alih bingung dengan pengalaman sebagai pemilik bisnis dan pekerja lepas, gunakan CV pemilik bisnis yang tepat untuk menunjukkan pengalaman Anda dengan cara yang memungkinkan calon pemberi kerja melihat keterampilan Anda dan tahu bahwa Anda mampu melaksanakan tugas tersebut.

Berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan saat mencantumkan pengalaman wirausaha dan pekerjaan lepas dalam CV Anda.

1. Teliti dalam Memilih Gelar

Dalam hal menarik perhatian manajer perekrutan, memilih gelar yang tepat untuk posisi pekerjaan lepas Anda dapat membuat perbedaan besar.

Alih-alih mencantumkan gelar pekerjaan Anda sebagai "pekerja lepas," buatlah label yang menjelaskan peran Anda dengan lebih jelas.

Sebagai contoh, Anda dapat menyebut diri Anda sebagai penulis, desainer grafis, pengembang situs web, atau konsultan.

Selain itu, Anda harus memberi tahu manajer bahwa Anda menjalankan perusahaan sendiri. Dengan memberi label pada status pekerjaan Anda sebagai "Pemilik Perusahaan" daripada hanya "Pekerja Lepas,".

Anda menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang mungkin tidak dimiliki kandidat lain.

Kemampuan untuk mengelola karyawan lain atau membangun hubungan dengan klien dan vendor bisa sangat membantu dalam mendapatkan posisi penuh waktu.

2. Rincian Prestasi

Salah satu kesulitan dalam mencantumkan pekerjaan sendiri dalam CV adalah bahwa pemberi kerja mungkin kesulitan memahami secara tepat apa yang melibatkan pekerjaan lama Anda.

Untuk memberikan gambaran yang paling lengkap, mantan pekerja lepas harus mencantumkan semua prestasi terpenting, seperti meningkatkan posisi SEO klien, meningkatkan konversi web, atau mengembangkan kampanye media sosial.

Selalu berusaha untuk memberikan data dan persentase yang spesifik untuk mendukung poin Anda.

Karena banyak individu yang bekerja sendiri memiliki lebih dari satu klien, bisa mudah kehilangan jejak atas apa yang Anda capai di setiap pekerjaan.

Aturan praktis yang baik adalah menulis deskripsi singkat tentang proyek dan hasilnya segera setelah Anda selesai.

Anda tentunya tidak ingin melupakan hal apa pun yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru.

Selain itu, ide bagus untuk mencakup rincian tentang tanggung jawab lain yang Anda pegang.

Tidak jarang bagi pekerja lepas memiliki berbagai keterampilan, jadi beri tahu pemberi kerja jika Anda menangani kebutuhan sumber daya manusia dan akuntansi perusahaan bersama dengan tugas-tugas lain Anda.

Baca Juga: Fabienne Nicole Pemenang Miss Universe Indonesia 2023 Pilih Diam saat Teman-temannya Speak Up Perihal Pelecehan

3. Sertakan Referensi

Sebagai orang yang bekerja sendiri, Anda mungkin bekerja dengan beberapa klien sekaligus. Oleh karena itu, Anda memiliki keuntungan dapat memilih pelanggan atau rekan kerja yang paling mungkin memberi Anda ulasan yang bagus.

Sebelum mencantumkan referensi dalam CV Anda, pastikan bahwa mereka tidak hanya bersedia tetapi juga bersemangat untuk merekomendasikan layanan Anda.

Meskipun kebanyakan klien tidak akan berbicara secara negatif tentang seseorang yang meminta referensi, seorang manajer perekrutan yang cerdas dapat mendeteksi kurangnya antusiasme dalam tanggapan seseorang.

Anda juga harus membicarakan sebelumnya pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pemberi kerja dan pastikan Anda berdua mengingat pengalaman kerja Anda dengan cara yang sama.

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah adanya ketidaksesuaian antara apa yang Anda katakan di CV Anda dan apa yang diungkapkan oleh referensi Anda melalui telepon.

4. Daftar Keterampilan Secara Tepat

Sebagai pemilik bisnis, Anda telah mengumpulkan sejumlah keterampilan dan mencapai banyak hal.

Mudah bagi Anda untuk berpikir bahwa yang Anda lakukan hanya "mengelola bisnis" atau tugas harian Anda.

Namun, pada kenyataannya, Anda kemungkinan telah melibatkan banyak peran dan mengenakan banyak topi.

Alih-alih merendahkan diri, pikirkan tentang aktivitas sehari-hari Anda, serta langkah-langkah yang mengarah pada peluncuran bisnis Anda.

Anda memiliki pengalaman profesional berharga dari menjalankan bisnis Anda sendiri, dan Anda seharusnya dengan bangga menampilkannya.

Sebagai mantan pemilik bisnis, Anda kemungkinan dapat mencantumkan banyak hal berikut sebagai keterampilan dalam CV Anda:

- Manajemen proyek: Hampir setiap jenis bisnis atau pekerjaan sendiri melibatkan manajemen proyek, baik itu memindahkan pekerjaan klien dari satu tahap ke tahap berikutnya atau mengelola orang lain saat mereka menangani proyek.

Manajemen proyek adalah kumpulan keterampilan yang berharga yang dapat membantu Anda mendapatkan berbagai jenis pekerjaan, atau bahkan berpotensi menjadi posisi manajer proyek jika Anda antusias mengenainya.

- Perencanaan bisnis: Bisnis Anda tidak muncul begitu saja. Anda mungkin telah merancang rencana bisnis untuk mewujudkannya. Bahkan jika Anda tidak membuatnya sendiri, Anda masih terlibat dalam beberapa tingkat, jadi pikirkanlah dengan cermat dan tuliskan dalam CV Anda.

Jenis perencanaan strategis seperti itu dapat mengarah pada posisi manajemen atau posisi berbasis proyek yang hebat.

- Pemecahan masalah: Perekrut senang melihat kemampuan pemecahan masalah sebagai keterampilan yang diunggulkan. Mengapa? Karena kebanyakan bisnis memiliki masalah yang perlu dipecahkan.

Pikirkan tentang klien sulit yang harus Anda akomodasi, hambatan yang Anda atasi, atau masalah bisnis baru yang harus Anda hadapi.

Semua ini bisa menjadi contoh hebat dari pemecahan masalah, dan tidak hanya bersinar sebagai contoh dalam CV, tetapi juga bagus untuk dibicarakan selama wawancara.

- E-commerce: Jika perusahaan Anda terlibat dalam penjualan online dalam bentuk apa pun, Anda dapat sepenuhnya menggarap sudut e-commerce ini.

Ada banyak peluang bisnis yang terkait dengan e-commerce. Baik Anda ingin membantu mengelola situs e-commerce lain, melakukan pemasaran untuk satu, atau bekerja dengan salah satu sebagai perwakilan layanan.

Pengalaman e-commerce sebelumnya dengan perusahaan Anda sendiri akan membantu Anda menonjol dengan cara besar.

- Berbagai keterampilan teknis: Berada di garis depan setiap awal bisnis menghasilkan sejumlah keterampilan teknis.

Selama proses penulisan CV, pikirkan kembali riwayat kerja Anda sebagai seseorang yang bekerja sendiri dan pertimbangkan keterampilan teknis apa yang Anda pelajari atau gunakan secara teratur.

Apakah ada masalah terkait perangkat lunak yang Anda selesaikan sejak awal? Apakah Anda harus menguasai Excel dalam waktu satu akhir pekan?

Ada kemungkinan besar Anda memperoleh beberapa keterampilan berharga selama bekerja sendiri, jadi tinjau deskripsi pekerjaan untuk posisi yang Anda minati dan periksa keterampilan yang mereka cari.

Kemudian pikirkan kembali riwayat kerja Anda dan lihat apakah Anda dapat menerjemahkan pengalaman Anda menjadi kumpulan keterampilan tersebut.

Baca Juga: 5 Aturan Mahad Al Jamiah yang Didemo Mahasiswa UIN Walisongo, Pihak Kampus Disebut Cuma Cari Cuan

5. Hindari Permintaan Maaf

Sangat wajar merasa sedih ketika peluang pekerjaan sendiri tidak berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Namun, hampir setiap orang mengalami kemunduran pekerjaan selama karir mereka, dan Anda tidak boleh pernah meminta maaf atas waktu yang dihabiskan sebagai pekerja lepas.

Sebagai gantinya, gunakan pernyataan tujuan CV Anda untuk menyoroti semangat dan ambisi Anda, dan pastikan untuk menjelaskan bagaimana kualitas-kualitas ini akan diterjemahkan ke dalam peran baru Anda.

Fakta bahwa Anda menjalankan bisnis seharusnya membuat Anda lebih diinginkan - bukan sebaliknya - di mata para manajer perekrutan.

Karena kebanyakan pemberi kerja akan ingin tahu mengapa Anda beralih dari pekerja lepas menjadi pekerja tetap, ide bagus untuk mengatasi pertanyaan ini secara langsung dalam CV atau surat lamaran Anda.

Alih-alih mengatakan Anda memulai perusahaan sendiri untuk menghindari situasi kerja yang buruk atau untuk menjadi bos Anda sendiri, tekankan fakta bahwa Anda ingin mengalami tantangan baru dan meningkatkan layanan kepada klien.

Karena atasan mungkin khawatir Anda akan memulai bisnis sendiri lagi, berusaha untuk meyakinkan mereka bahwa Anda siap untuk membangun karir yang panjang dan berkelanjutan dengan perusahaan mereka.

Pemberi kerja ingin merasa yakin bahwa Anda adalah pilihan pertama mereka, jadi beri tahu mereka bahwa Anda siap untuk meninggalkan pekerjaan lepas dan bergabung dengan dunia perusahaan sekali lagi.

Menyukai Apa yang Anda Lakukan

Bahkan jika itu tidak berhasil dalam jangka panjang, pekerjaan sendiri dapat memberi Anda berbagai macam keterampilan yang akan bermanfaat bagi Anda dan calon pemberi kerja Anda di masa depan.

Alih-alih meremehkan hari-hari Anda sebagai pekerja lepas atau pemilik bisnis, peluklah pengalaman Anda dan tunjukkan dengan bangga dalam CV Anda.

Jelaskan kepada pemberi kerja bagaimana kreativitas dan ambisi yang membuat Anda menjalankan bisnis sendiri akan menjadi anugerah bagi perusahaan mereka jika mereka memilih untuk mempekerjakan Anda.

Anda telah melakukan apa yang begitu banyak orang hanya bisa impikan: menjalankan bisnis. Kembali bekerja tidak mengubah nama perusahaan lama Anda, atau menghapus kenangan-kenangan menarik dan mengasyikkan saat Anda bekerja sendiri.

Anda memiliki pengalaman yang berbeda dari orang lain, jadi banggalah akan hal itu dan jalankanlah. Tidak akan lama lagi sebelum Anda meraih kesuksesan dengan perusahaan baru, semua berkat sejarah pekerjaan Anda yang unik.

Baca Juga: Pertanyaan yang Perlu HRD Ajukan pada Pelamar Remote Worker! Pastikan Tidak Main-Main

Kamu mungkin juga tertarik peluang karier di masa depan, 8 pekerjaan paling diminati 2025.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)