Pabrik Motor dan Sepeda Listrik Dibangun di Genuk Semarang, Serap Ribuan Tenaga Kerja

Sakti Setiawan
Jumat 03 Mei 2024, 19:27 WIB
Lokasi pembangunan  pabrik baru sepeda dan motor listrik di Semarang.

Lokasi pembangunan pabrik baru sepeda dan motor listrik di Semarang.

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Pembangunan pabrik baru sepeda dan motor listrik PT Roda Pasifik Mandiri (RPM) di Kawasan Industri Terboyo, Genuk Semarang mampu menyerap

1.500 tenaga kerja baru. Kapasitas pabrik ini mencapai 1,5 juta unit per bulan, 70 persen sepeda listrik dan 30 persen motor listrik.

Presiden Direktur PT RPM Yu Weng Kiang mengungkapkan, pembangunan pabrik baru di kawasan Industri Terboyo merupakan pengembangan pabrik sepeda Pacific Bike yang sudah didirikan sejak 1995 dan bertransformasi menjadi sepeda listrik pada 2022.

"Ini momemtum kami mewujudkan mimpi memiliki pabrik yang luas dan modern. Termasuk membuka lapangan pekerjaan bagi 1.500 tenaga kerja, terutama bagi warga sekitar,’’ kata Yu Weng Kiang yang akrab disapa Akiong, Jumat 3 Mei 2024.

Dikatakan, dengan didirikannya pabrik baru ini, RPM diharapkan akan mampu memproduksi 1,5 juta unit sepeda dan motor listrik per tahunnya. ‘’Peningkatan produksi ini sejalan dengan misi kami untuk ikut mendukung industri nasional, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatan produksi dan kualitas sepeda dan motor listrik.”

Camat Genuk Suroto menyambut baik berdirinya pabrik baru ini. PT RPM berdiri diatas lahan seluas 4 hektare.

"Ini sangat luar biasa, yang lain banyak yang hengkang, tapi PT RPM justru membangun pabrik baru yang begitu besar di Kawasan Industri Terboyo ini. Kami sangat berterima kasih dan kami yakin nanti setelah Tol Semarang-Demak selesai dibangun, kawasan ini akan terbebas dari banjir, " papar Suroto disambut tepuk tangan hadirin, di acara ground breaking pembangunan pabrik baru PT RPM, di Kawasan Industri Terboyo, Genuk, Semarang, Kamis 2 Mei 2024.

Pembangunan pabrik baru sepeda dan motor listrik yang diperkirakan terbesar di Jawa Tengah ini memakan waktu 20 bulan dan menelan dana Rp 400 miliar. Dikerjakan oleh tiga kontraktor, yakni CV Karya Yasa Sumber Rezeki, PT Dwi Berkah Arga Kencana, dan Best Metal Building (BBM) & A JSC.

‘’Konstruksi baja pabrik seluruhnya dibuat di Vietnam dalam bentuk custom, jadi sampai di sini tinggal dirakit, sistemnya seperti knock down. Untuk pembangunan pabrik sepeda di Semarang ini termasuk yang besar, karena kerangka bajanya mencapai 4.400 ton yang akan dikirim lewat peti kemas,’’ kata Project Manager PT BMB & A JSC Bryan Gilang Dimalouw didampingi Erectical Manager Gabriel Sihotang.

Acara ground breaking atau pemasangan tiang pancang dilakukan secara simbolis lewat pelemparan pasir, pemotongan pita, serta pelepasan burung merpati dan balon ke udara. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bea dan Cukai Jateng/DIY Ahmad Rofiq, Danramil Genuk Mayor Inf Rahmatullah, Camat Genuk Suroto, Ketua Asosiasi Sepeda dan Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Irjen Pol Pur Drs Budi Setiyadi SH MSI, Direktur Utama PT RPM Joko Utomo, Kapolsek, Danramil Genuk, dan para kontraktor serta jajaran direksi serta manajer PT RPM.

Manajer Pemasaran PT RPM Cahyanto Joko Rahardjo mengatakan, pabrik baru ini diharapkan sudah bisa berproduksi pada 2025. ‘’Tahun ini kami sudah memproduksi 800 ribu sampai 900 ribu unit sepeda listrik dan di pabrik baru nanti kapasitasnya kami targetkan bisa mencapai 1.5 juta unit, 70 persen sepeda listrik dan 30 persen motor listrik,’’ katanya di sela-sela acara.

Diakuinya, pangsa pasar sepeda dan motor listrik di Indonesia saat ini cukup tinggi, yakni sekitar 60 ribu unit per bulan, jadi setahun mencapai 500 sampai 600 ribu penjualan. ‘’Tahun lalu penjualan kami ada di angka 300 sampai 400 ribu unit dan diharapkan dari pabrik baru ini kami targetkan bisa mencapai 1.500 unit per tahun. Apalagi, pemerintah mendukung lewat regulasi harga dengan memberikan subsidi pembelian Rp 7 juta per unit per KTP (kartu tanda penduduk-Red),’’ jelasnya.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)