Pilkada di Jawa Tengah Harus Lancar

Ali Rahmat
Senin 29 April 2024, 08:57 WIB
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana (Sumber: )

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana (Sumber: )

INFOSEMARANG.COM--Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendukung penuh penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayahnya. Diharapkan, pesta demokrasi itu dapat berlangsung lebih baik dan menyenangkan.

“Kami dari pemprov mendukung penuh pelaksanaan pilkada. Beberapa hal sudah kami lakukan. Hibah keuangan kepada KPU Jateng, Bawaslu Jateng, dan TNI, Polri, baik tingkat provinsi dan kabupaten sudah selesai (diserahkan),” kata Nana, seusai Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, di Klenteng Sampookong, Kota Semarang Sabtu (27/4/2024) malam.

Pada penyelengaaraan itu, imbuhnya, Pemprov Jateng telah memberikan hibah untuk KPU Jateng sebesar Rp791.608.630.000, Bawaslu Jateng Rp193.717.870.000, Polda Jateng Rp62.696.843.000, dan Kodam IV/Diponegoro Rp7.545.329.000.

Pemprov juga siap mendukung penyiapan data pemilih, salah satunya dengan menggenjot perekaman e-KTP untuk pemilih pemula.

“Ini terus kami lakukan dan koordinir sampai tingkat kabupaten/ kota. Batasnya bagi pemilih pemula adalah ketika usia mereka 17 tahun pada saat pemungutan suara tanggal 27 November 2024,” jelas Nana.

Dalam hal pengamanan, pihaknya juga siap mengerahkan personel Satpol PP untuk membantu pengamanan dan pengawalan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, bersinergi dengan TNI dan Polri.

Dalam kesempatan itu, Nana berpesan agar penyelenggara pemilu, TNI, dan Polri menyiapkan tahapan Pilkada Serentak dengan baik, agar pelaksanaan berjalan lancar, tertib, dan kondusif.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan, Pemprov Jateng merupakan provinsi pertama yang memiliki mekanisme dana cadangan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Mekanisme tersebut kemudian dicontoh oleh daerah lain.

Untuk itu, ia berpesan agar KPU Jawa Tengah dan kabupaten/ kota,  mampu mengelola anggaran atau keuangan dengan baik.

“Tentu saja teman-teman KPU, baik provinsi maupun kabupaten/ kota, bekerja berdasarkan aturan yang sudah ditentukan,” jelas Hasyim.

Dalam bekerja, lanjut Hasyim, KPU tidak bisa sendirian. Maka, perlu koordinasi dengan banyak pihak, mulai pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota, kepolisian, TNI, dan para penegak hukum. Selain itu, juga perlu bekerja sama dengan jurnalis, tokoh agama, dan masyarakat, agar dukungan penyelenggaraan pilkada bisa berjalan baik dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, Hasyim menandaskan kepada KPU Provinsi maupun kabupaten/ kota di Jateng, agar lebih cermat, baik dalam pendataan daftar pemilih, maupun pada saat pendaftaran calon.

Pada Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2024 kali itu, KPU Jawa Tengah juga meluncurkan tagline, maskot, dan jingle pemilu.

Tagline Pilkada Serentak Jawa Tengah 2024 adalah “Luwih Becik, Luwih Nyenengke“. Tagline itu dilandasi dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan. Harapannya pemilihan nanti dilaksanakan dengan riang gembira, untuk memilih pemimpin terbaik.

Sedangkan maskot Pilgub Jateng mengadopsi tokoh Semar yang dinamai Semarbot. Semangatnya adalah mengambil sifat Semar yang mengayomi semua, sehingga harapannya gubernur dan wakil gubernur terpilih dapat mengayomi masyarakat Jawa Tengah.

Adapun Jingle Pilgub Jateng 2024 berjudul “Tentukan Pilihan”, mengandung pesan dan motivasi Pilgub Jateng sebagai pesta demokrasi yang luber (langsung, umum, bebas, rahasia), jurdil (jujur, adil), berkualitas, dan bermartabat.

Follow Berita Info Semarang di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)