Pemkot Semarang Kembali Gelar Nonton Bareng Timnas, Siapkan Tiga Layar LED Videotron

Sakti Setiawan
Minggu 28 April 2024, 21:06 WIB

Nonton bareng bersama Wali Kota Semarang antara timnas U-23 melawan Korea Selatan di halaman Balai Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)

Nonton bareng bersama Wali Kota Semarang antara timnas U-23 melawan Korea Selatan di halaman Balai Kota Semarang. (Sumber: | Foto: Sakti Setiawan.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali menggelar Nonton Bareng (Nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U23 antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Uzbekistan pada Senin 29 April 2024.

Berbeda dengan sebelumnya, dalam kegiatan nonton bareng di Halaman Balai Kota kali ini, Pemerintah Kota Semarang mempersiapkan tiga layar LED Videotron besar berukuran 3x5 meter dan 5x10 meter.

Hal ini disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Minggu 28 April 2024.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menonton dengan tertib sampai selesai. Melihat dari kegiatan nonton bareng kemarin, kami melakukan evaluasi kekurangan-kekurangan selama kegiatan," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu.

"Memang ada beberapa yang mengeluh karena LED-nya cuma satu dan nanti ada penambahan LED tiga agar nontonnya lebih fokus," tambahnya.

Apalagi, lanjut Mbak Ita, saat nonton bareng Jumat 26 Apri 2024 lalu, penataan parkir mobil masih jadi evaluasi. "Kemarin sebagian halaman Balai Kota masih digunakan untuk parkir mobil, sehingga terbatas ruangnya bagi penonton. Untuk sekarang benar-benar tidak boleh parkir di halaman balai kota," imbuh Mbak Ita.

Tak berhenti di situ, Mbak Ita bahkan meminta izin kepada Bank Jateng untuk menggunakan jalanan atas di Bank Jateng agar penonton bisa lebih banyak.

"Kalau kami hitung, bisa sampai 6.000 penonton, apalagi ditambah penonton yang akan melihat dari jalan yang ada di Bank Jateng," jelasnya.

Menurutnya, penambahan LED videotron akan ditempatkan di tiga sisi, yakni di depan Gedung Wali Kota Semarang, center atau halaman tengah, dan di depan gedung DPRD Kota Semarang.

"Itu agar orang yang ikut nonton bareng enggak miring dan bisa fokus. Kemarin kan hanya bisa lihat dari jauh, kan kasihan. Sehingga hasil evaluasi akan ada penambahan LED videotron," sebutnya.

Mbak Ita menyebut, secara teknis nonton bareng kali ini akan sama dengan sebelumnya. Pemkot Semarang tetap menyediakan makanan tampahan serta pembagian doorprize.

"Kemarin terpotong waktu pertandingan sebelumnya. Kalau ini kan pertandingan hanya satu. Sehingga bisa bagi doorprize lebih banyak. Kami harapkan masyarakat bisa menonton dengan nyaman," jelasnya.

Dirinya berharap Timnas Indonesia bisa menang dari Uzbekistan di semi-final ini. "Kita doakan Timnas bisa masuk final dan lolos Olimpiade," paparnya.

Kebetulan, lanjut Mbak Ita, di Simpanglima pada tanggal 4 Mei 2024 Pemkot Semarang akan menggelar event Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival.

"Final kan tanggal 3 Mei, Insya-Allah kita harapkan jika Timnas lolos final, sesuai janji saya saat sambutan kemarin, kami siapkan kegiatan nonton bareng di Simpanglima," kata dia.

Apalagi, persiapan Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival, pemkot menyediakan rigging, panggung, dan ada LED videotron yang bisa digunakan untuk nonton bareng.

"Kami harapkan penonton bisa lebih tertata, karena persiapannya masih agak panjang. Pemkot terus berupaya melayani masyarakat untuk bisa lebih nyaman dalam menonton tim kebanggaan kita semua," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Semarang, Hernowo Budi menegaskan, persiapan kegiatan nonton bareng sudah dirapatkan dengan tim bersama Wali Kota Semarang.

"Dari hasil evaluasi kegiatan sebelumnya, ternyata penonton dan suporter Timnas yang hadir di Balai Kota Semarang sangat banyak hingga meluber ke Jalan Pemuda. Sehingga kami lakukan evaluasi dengan menambah tiga layar LED Videotron agar masyarakat bisa fokus menonton pertandingan," ujar Hernowo.

Lebih lanjut, Hernowo menjelaskan jika nonton bareng di Balai Kota Semarang akan dimulai pukul 19.30 WIB. Acara dimulai lebih awal karena ada banyak doorprize yang akan dibagikan pada nonton bareng kali ini.

"Sebenarnya doorprize kemarin banyak juga yang belum dibagikan kepada masyarakat. Hal ini karena jadwal tiba-tiba berubah lantaran sebelum laga Timnas ada pertandingan Jepang melawan Qatar yang juga disiarkan langsung Balai Kota. Sehingga waktunya sangat terbatas," kata Hernowo.

Untuk itu, lanjut dia, doorprize akan dibagikan kembali dalam nonton bareng Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Balai Kota Semarang pada Senin nanti.

Untuk teknis acara, Hernowo menyebut masih sama seperti kegiatan pada Jumat lalu. "Sama seperti sebelumnya, nobar akan dimulai dengan hiburan band dan kuis doorprize. Masyarakat bisa menikmati suguhan tampahan menu godogan (rebusan-red)," kata dia.

Terkait perizinan, dirinya menyebut, pemerintah kota sejak awal nonton bareng kemarin telah memenuhi perizinan dan lisensi untuk penyelenggaraan kegiatan.

"Tentunya kami sudah mengantongi izin dan lisensi sejak kegiatan nonton bareng pertama. Kami memberi contoh baik, dan tentunya semua sudah sesuai prosedur," jelasnya.

Hernowo mengimbau masyarakat yang ingin menonton agar menjaga ketertiban dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa dan mengaktifkan flare, dan senjata berbahaya, serta tidak melakukan konvoi menggunakan knalpot brong***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)