Pemkot Semarang Kembali Gelar Nonton Bareng Timnas, Siapkan Tiga Layar LED Videotron

Sakti Setiawan
Minggu 28 April 2024, 21:06 WIB

Nonton bareng bersama Wali Kota Semarang antara timnas U-23 melawan Korea Selatan di halaman Balai Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)

Nonton bareng bersama Wali Kota Semarang antara timnas U-23 melawan Korea Selatan di halaman Balai Kota Semarang. (Sumber: | Foto: Sakti Setiawan.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali menggelar Nonton Bareng (Nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U23 antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Uzbekistan pada Senin 29 April 2024.

Berbeda dengan sebelumnya, dalam kegiatan nonton bareng di Halaman Balai Kota kali ini, Pemerintah Kota Semarang mempersiapkan tiga layar LED Videotron besar berukuran 3x5 meter dan 5x10 meter.

Hal ini disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Minggu 28 April 2024.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menonton dengan tertib sampai selesai. Melihat dari kegiatan nonton bareng kemarin, kami melakukan evaluasi kekurangan-kekurangan selama kegiatan," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu.

"Memang ada beberapa yang mengeluh karena LED-nya cuma satu dan nanti ada penambahan LED tiga agar nontonnya lebih fokus," tambahnya.

Apalagi, lanjut Mbak Ita, saat nonton bareng Jumat 26 Apri 2024 lalu, penataan parkir mobil masih jadi evaluasi. "Kemarin sebagian halaman Balai Kota masih digunakan untuk parkir mobil, sehingga terbatas ruangnya bagi penonton. Untuk sekarang benar-benar tidak boleh parkir di halaman balai kota," imbuh Mbak Ita.

Tak berhenti di situ, Mbak Ita bahkan meminta izin kepada Bank Jateng untuk menggunakan jalanan atas di Bank Jateng agar penonton bisa lebih banyak.

"Kalau kami hitung, bisa sampai 6.000 penonton, apalagi ditambah penonton yang akan melihat dari jalan yang ada di Bank Jateng," jelasnya.

Menurutnya, penambahan LED videotron akan ditempatkan di tiga sisi, yakni di depan Gedung Wali Kota Semarang, center atau halaman tengah, dan di depan gedung DPRD Kota Semarang.

"Itu agar orang yang ikut nonton bareng enggak miring dan bisa fokus. Kemarin kan hanya bisa lihat dari jauh, kan kasihan. Sehingga hasil evaluasi akan ada penambahan LED videotron," sebutnya.

Mbak Ita menyebut, secara teknis nonton bareng kali ini akan sama dengan sebelumnya. Pemkot Semarang tetap menyediakan makanan tampahan serta pembagian doorprize.

"Kemarin terpotong waktu pertandingan sebelumnya. Kalau ini kan pertandingan hanya satu. Sehingga bisa bagi doorprize lebih banyak. Kami harapkan masyarakat bisa menonton dengan nyaman," jelasnya.

Dirinya berharap Timnas Indonesia bisa menang dari Uzbekistan di semi-final ini. "Kita doakan Timnas bisa masuk final dan lolos Olimpiade," paparnya.

Kebetulan, lanjut Mbak Ita, di Simpanglima pada tanggal 4 Mei 2024 Pemkot Semarang akan menggelar event Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival.

"Final kan tanggal 3 Mei, Insya-Allah kita harapkan jika Timnas lolos final, sesuai janji saya saat sambutan kemarin, kami siapkan kegiatan nonton bareng di Simpanglima," kata dia.

Apalagi, persiapan Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival, pemkot menyediakan rigging, panggung, dan ada LED videotron yang bisa digunakan untuk nonton bareng.

"Kami harapkan penonton bisa lebih tertata, karena persiapannya masih agak panjang. Pemkot terus berupaya melayani masyarakat untuk bisa lebih nyaman dalam menonton tim kebanggaan kita semua," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Semarang, Hernowo Budi menegaskan, persiapan kegiatan nonton bareng sudah dirapatkan dengan tim bersama Wali Kota Semarang.

"Dari hasil evaluasi kegiatan sebelumnya, ternyata penonton dan suporter Timnas yang hadir di Balai Kota Semarang sangat banyak hingga meluber ke Jalan Pemuda. Sehingga kami lakukan evaluasi dengan menambah tiga layar LED Videotron agar masyarakat bisa fokus menonton pertandingan," ujar Hernowo.

Lebih lanjut, Hernowo menjelaskan jika nonton bareng di Balai Kota Semarang akan dimulai pukul 19.30 WIB. Acara dimulai lebih awal karena ada banyak doorprize yang akan dibagikan pada nonton bareng kali ini.

"Sebenarnya doorprize kemarin banyak juga yang belum dibagikan kepada masyarakat. Hal ini karena jadwal tiba-tiba berubah lantaran sebelum laga Timnas ada pertandingan Jepang melawan Qatar yang juga disiarkan langsung Balai Kota. Sehingga waktunya sangat terbatas," kata Hernowo.

Untuk itu, lanjut dia, doorprize akan dibagikan kembali dalam nonton bareng Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Balai Kota Semarang pada Senin nanti.

Untuk teknis acara, Hernowo menyebut masih sama seperti kegiatan pada Jumat lalu. "Sama seperti sebelumnya, nobar akan dimulai dengan hiburan band dan kuis doorprize. Masyarakat bisa menikmati suguhan tampahan menu godogan (rebusan-red)," kata dia.

Terkait perizinan, dirinya menyebut, pemerintah kota sejak awal nonton bareng kemarin telah memenuhi perizinan dan lisensi untuk penyelenggaraan kegiatan.

"Tentunya kami sudah mengantongi izin dan lisensi sejak kegiatan nonton bareng pertama. Kami memberi contoh baik, dan tentunya semua sudah sesuai prosedur," jelasnya.

Hernowo mengimbau masyarakat yang ingin menonton agar menjaga ketertiban dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa dan mengaktifkan flare, dan senjata berbahaya, serta tidak melakukan konvoi menggunakan knalpot brong***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum16 Mei 2024, 15:51 WIB

Ini Dia Empat Pelajar untuk Calon Paskibraka Nasional Asal Jateng

Keempat calon Paskibraka asal Jateng itu akan melaksanakan tugas pada HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta.
Empat pelajar calon Paskibraka di tingkat nasional asal Jateng bertemu Sekda.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya16 Mei 2024, 13:22 WIB

Singgah Di Semarang, Rombongan Bhikku Thudong Disambut Tari-Tarian

Bhikkhu Thudong ke Candi Borobudur dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak.
Sebanyak 43 Bhikkhu Thudong singgah di Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum15 Mei 2024, 20:23 WIB

Rombongan Bhikkhu Thudong Singgah di Semarang Sebelum Peringati Waisak di Borobudur

Pemprov Jateng bersama TNI-Polri akan mengawal dan menyukseskan ritual thudong hingga puncak peringatan Waisak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyambut hangat kedatangan puluhan bhikkhu thudong.. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Umum15 Mei 2024, 15:24 WIB

Jelang Pemilu Pilkada di Jateng, TNI, Polri dan Pemda Gelar Konsolidasi Terkait Keamanan

Tiga pilar yang dimaksud dalam pertemuan ini yaitu TNI (Babinsa), Polri (Babinkamtibmas), dan Kelurahan (Pemerintah Daerah).

Konsolidasi Tiga Pilar di Gedung Serba Guna PIP Kota Semarang, 15 Mei 2024.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga15 Mei 2024, 15:02 WIB

Asian School Badminton Championship 2024 Bakal Digelar di Semarang, Diikuti 7 Negara

Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah pada perhelatan olahraga Asian School Badminton Championship pada 25 Agustus-3 September 2024 mendatang.
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat audiensi dengan perwakilan Kemenpora. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Umum15 Mei 2024, 12:45 WIB

Cuaca Panas Kota Semarang Lagi Panas-Panasnya, Disarankan Banyak Minum Air Putih

Masyarakat diminta menjaga kesehatan tubuh dengan banyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi.
Kota Lama Semarang (Sumber:  | Foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/kota-lama-semarang)
Bisnis14 Mei 2024, 19:04 WIB

Ekonom Bank Mandiri Sebut Pertumbuhan Ekonomi Didorong Belanja Pemilu dan Pembayaran THR

Pertumbuhan ekonomi didorong oleh akselerasi belanja Pemerintah terutama terkait Pemilu yang juga bersamaan dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya.
Gedung Bank Mandiri (foto ilustrasi( (Sumber:  | Foto: dok Bank Mandiri)
Semarang Raya14 Mei 2024, 17:06 WIB

Revitalisasi Pecinan, Pemkot Semarang Akan Benahi Kawasan Kelenteng Tay Kak Sie

Revitalisasi akan difokuskan pada pembangunan di kawasan Kelenteng Tay Kak Sie dan tetenger atau gerbang masuk gapura di Jalan Pekojan.
Mbak Ita bersepeda menyusuri sepanjang Kali Semarang dari Belakang Balai Kota Semarang menuju Tay Kak Sie. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum14 Mei 2024, 16:29 WIB

Pengurus Ivendo Jateng Dilantik, Percepat Sertifikasi Anggota

Pada pelantikan tersebut dikukuhkan pengurus terpilih dengan ketua Antok Boni Trisnanto.
Pelantikan Ivendo Jateng periode 2024-2027. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum14 Mei 2024, 16:25 WIB

Korea Menjadi Negara Paling Diminati Pekerja Migran Asal Jateng, Alasan Utama Gaji Tinggi

Korea masih menjadi negara incaran pahlawan devisa. Salah satunya karena faktor perlindungan dan gaji yang tinggi bagi pekerja migran.
Kepala BP2MI Benny Rhamdani. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)