Pererat Silaturahmi, FUHUM UIN Walisongo Semarang Gelar Halal Bi Halal

Sakti Setiawan
Rabu 17 April 2024, 19:19 WIB
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal. (Sumber:  | Foto: dok Humas FUHUM UIN Walisongo Semarang.)

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal. (Sumber: | Foto: dok Humas FUHUM UIN Walisongo Semarang.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM – Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal civitas akademika pada Rabu, 17 April 2024 di Aula Syekh Abdul Qodir Jaelani Gedung Q. Acara dibuka Oleh Wakil Rektor 3 Dr. H. Ahmad Hasan Asy’ari Ulamai, M.Ag.

Suasana hangat dan penuh keceriaan memenuhi ruangan tersebut, riuh tawa dan kelakar semakin ramai saat Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. Mengawali tausiyah di acara Halal Bihalal.

Tema kegiatan kali ini tidak hanya sebatas tradisi, tetapi juga menyiratkan semangat persaudaraan yang mengakar kuat di kalangan civitas akademika FUHUM UIN Walisongo.

Dekan FUHUM, Dr Muhammad Sya’roni, M.Ag dalam sambutannya juga tidak lupa memohon maaf atas segala kekurangan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan halal bihalal, dan berharap agar langkah-langkah kedepannya dapat selalu memberikan kemudahan dan keselamatan bagi seluruh civitas akademika FUHUM UIN Walisongo.

“Kami mohon doa para sesepuh dan para guru besar, agar nantinya selama memimpin FUHUM UIN Walisongo ke depan diberi kemudahan dan kelancaran,” katanya.

Ia menambahkan bahwa PMB UIN Walisongo ini FUHUM menerima 640 mahasiswa, pada jalur SPAN-PTKIN ini sudah menerima 160 mahasiswa.

Dia berharap tahun 2024 ini kuotanya bisa terpenuhi semuanya.

Turut Hadir para Pejabat Rektorat Wakil Rektor 1 Prof Dr Mukhsin Jamil MAg, Wakil Rektor 3, Dr. H. Ahmad Hasan Asy’ari Ulamai, M.Ag., Prof Dr Hasyim Muhammad. para pensiunan dosen maupun pegawai Fuhum, Bapak Soedarto, Prof Dr Zuhad, , Prof Dr Sri Suhandjati, , serta para sesepuh fuhum yang lain.

Prof Djamil mengatakan bahwa di era teknologi IT yang serba canggih ini, semua bisa dilakukan dari rumah tanpa harus bertatap muka, termasuk juga dengan halal bi halal.

“Seseorang bisa mengucapkan halal bi halal melalui Whatsapp yang desain konsep dan tulisannya yang dibikin oleh anaknya. Namun, hal ini kurang afdhol jika tidak bertatap muka langsung seperti ini. Bermusyafahah atau bersalaman rasanya lebih mantap dirasakan," ujar guru besar Ilmu Filsafat Tersebut.

Ia menambahkan bahwa, kita tidak usah kaget dengan kecanggihan teknologi di era AI 5.0 ini. Generasi gen Z memang menuntut kita agar orak gumunan.

Ia huga berpesan semoga kita semua mendapat gelar faizin yaitu kemenangan, sebagaimana kemenangan Rasulullah saat perang Badar. Maksudnya menang setelah digembleng selama sebulan di kawah candradimuka ramadhan.

Yang terpenting juga, mari kita sama-sama menyatukan suasana batin kita agar selalu fitri (suci).

Kegiatan diakhiri dengan musafahah seluruh civitas akademika FUHUM di ruangan tersebut dan diakhiri dengan doa dan ramah tamah.***SEMARANG, INFOSEMARANG.COM – Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal civitas akademika pada Rabu, 17 April 2024 di Aula Syekh Abdul Qodir Jaelani Gedung Q. Acara dibuka Oleh Wakil Rektor 3 Dr. H. Ahmad Hasan Asy’ari Ulamai, M.Ag. Suasana hangat dan penuh keceriaan memenuhi ruangan tersebut, riuh tawa dan kelakar semakin ramai saat Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. Mengawali tausiyah di acara Halal Bihalal. Tema kegiatan kali ini tidak hanya sebatas tradisi, tetapi juga menyiratkan semangat persaudaraan yang mengakar kuat di kalangan civitas akademika FUHUM UIN Walisongo. Dekan FUHUM, Dr Muhammad Sya’roni, M.Ag dalam sambutannya juga tidak lupa memohon maaf atas segala kekurangan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan halal bihalal, dan berharap agar langkah-langkah kedepannya dapat selalu memberikan kemudahan dan keselamatan bagi seluruh civitas akademika FUHUM UIN Walisongo. “Kami mohon doa para sesepuh dan para guru besar, agar nantinya selama memimpin FUHUM UIN Walisongo ke depan diberi kemudahan dan kelancaran,” katanya. Ia menambahkan bahwa PMB UIN Walisongo ini FUHUM menerima 640 mahasiswa, pada jalur SPAN-PTKIN ini sudah menerima 160 mahasiswa. Dia berharap tahun 2024 ini kuotanya bisa terpenuhi semuanya. Turut Hadir para Pejabat Rektorat Wakil Rektor 1 Prof Dr Mukhsin Jamil MAg, Wakil Rektor 3, Dr. H. Ahmad Hasan Asy’ari Ulamai, M.Ag., Prof Dr Hasyim Muhammad. para pensiunan dosen maupun pegawai Fuhum, Bapak Soedarto, Prof Dr Zuhad, , Prof Dr Sri Suhandjati, , serta para sesepuh fuhum yang lain. Prof Djamil mengatakan bahwa di era teknologi IT yang serba canggih ini, semua bisa dilakukan dari rumah tanpa harus bertatap muka, termasuk juga dengan halal bi halal. “Seseorang bisa mengucapkan halal bi halal melalui Whatsapp yang desain konsep dan tulisannya yang dibikin oleh anaknya. Namun, hal ini kurang afdhol jika tidak bertatap muka langsung seperti ini. Bermusyafahah atau bersalaman rasanya lebih mantap dirasakan," ujar guru besar Ilmu Filsafat Tersebut. Ia menambahkan bahwa, kita tidak usah kaget dengan kecanggihan teknologi di era AI 5.0 ini. Generasi gen Z memang menuntut kita agar orak gumunan. Ia huga berpesan semoga kita semua mendapat gelar faizin yaitu kemenangan, sebagaimana kemenangan Rasulullah saat perang Badar. Maksudnya menang setelah digembleng selama sebulan di kawah candradimuka ramadhan. Yang terpenting juga, mari kita sama-sama menyatukan suasana batin kita agar selalu fitri (suci). Kegiatan diakhiri dengan musafahah seluruh civitas akademika FUHUM di ruangan tersebut dan diakhiri dengan doa dan ramah tamah.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bisnis21 Mei 2024, 20:53 WIB

Izin BPR Jepara Artha Dicabut, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi BPR Jepara Artha setelah izinnya dicabut.
BPR Jepara Artha. (Sumber:  | Foto: dok Humas LPS.)
Semarang Raya21 Mei 2024, 20:31 WIB

Ini Langkah Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat musim kemarau masih mencukupi.
Kawasan Pecinan Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum21 Mei 2024, 20:23 WIB

Petugas Pemotongan Hewan Kurban Disarankan Bersertifikat Juleha

Hal ini untuk meningkatkan kualitas juru sembelih halal agar profesional dibidangnya.
Pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya20 Mei 2024, 19:56 WIB

Co-working Space BRIDA Jadi Tempat Bagi Para Peneliti dan Pelaku Riset Kota Semarang

Dengan adanya co-working space ini diharapkan bisa memfasilitasi para peneliti dan pelaku riset untuk bisa memberi dukungan kepada pemerintah daerah.
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan Co-working Space (CWS) BRIDA. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga20 Mei 2024, 13:27 WIB

Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.

Petenis Pelatnas putri U-15 itu menyingkirkan 89 petenis meja lainnya dari berbagai provinsi di Tanah Air. Seperti, DKI, Jawa Barat, Jatim, Jateng, Bali, Sumut, Kaltim, dan provinsi lainnya.
Juara Specta Jateng Pingpong 2024 U-18 yang digelar di GOR Jatidiri, Semarang, 16-19 Mei 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya19 Mei 2024, 19:34 WIB

Kirab Budaya Haul Mbah Syafi’i Bakal Dimasukkan Kalender Wisata Semarang

Mbah Syafi’i merupakan tokoh agama yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa pada tahun 1600-an.
Kirab budaya memperingati haul Mbah Syafi’i Piyoronegoro, Minggu 19 Mei 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum19 Mei 2024, 13:40 WIB

Pj Bupati Batang dan Jepara Diperpanjang Tugasnya, Pj Gubernur Ingatkan Soal Inflasi, Kemiskinan, dan Pilkada

Perpanjangan masa kerja itu merupakan kali kedua untuk Edy dan Lani.
Tugas Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna dan Pj Bupati Batang Lani Dewi Rejeki diperpanjang (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum18 Mei 2024, 10:31 WIB

Usai Menginap di Semarang, Obor Api Perjuangan Kembali Melanjutkan Perjalanan ke Jakarta

Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan.
Obor Api Perjuangan di Panti Marhrn Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Bisnis17 Mei 2024, 17:54 WIB

Pengembang Siap Dukung Semarang sebagai Kota Metropolitan

Kawasan Paramount Village Semarang mendukung Semarang sebagai Kota Metropolitan.
Kawasan Paramount Village Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga17 Mei 2024, 13:03 WIB

RIbuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri Semarang

Sebanyak 1.144 atlet tenis meja dari berbagai daerah dan negara meramaikan Specta Jateng Pingpong 2024.
Specta Jateng Pingpong 2024.  di GOR Jatidiri Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)