10 Kuliner Semarang yang Patut Dicoba, Rasanya Makyus dan Bikin Ketagihan

Ali Rahmat
Senin 04 Maret 2024, 10:47 WIB
Resep lumpia udang atau dimsum kulit tahu. (Sumber: Tokopedia)

Resep lumpia udang atau dimsum kulit tahu. (Sumber: Tokopedia)

INFOSEMARANG.COM--Berikut 10 rekomendasi makanan khas Semarang yang patut dicoba oleh wisatawan pecinta kuliner.

Semarang sendiri terkenal dengan beragam kuliner dan wisata yang seringkali dikunjungi pada akhir pekan maupun libur panjang.

Banyak makanan khas Kota Semarang yang wajib dicoba jika Anda berencana berkunjung ke sana, dari yang manis sampai gurih. Berikut 10 rekomendasi kuliner khas Semarang seperti dikutip dari Antara:

1. Lumpia

Jajanan khas Semarang yang tak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke sana, salah satunya lumpia. Termasuk jajanan paling populer, sampai-sampai banyak orang menyebut Semarang sebagai Kota Lumpia.

Lumpia (lun pia) ini mulanya dibuat oleh Tjoa Thay Yoe dengan cita rasa khas lokal, yakni isiannya menggunakan rebung. Selain pakai rebung, lumpia khas Semarang juga sering disajikan dengan isian ayam ataupun udang.

Jajanan ini paling enak dinikmati dengan cocolan kuah sambal. Apabila tertarik membawanya sebagai oleh-oleh, lumpia basah bisa jadi pilihan terbaik karena awet hingga satu minggu asalkan disimpan di kulkas. Rekomendasi tempat membelinya adalah di kedai sederhana bernama Lumpia Gang Lombok.

2. Tahu Bakso Ungaran

Siapapun pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Semarang satu ini, yaitu tahu bakso Ungaran. Bedanya dengan tahu bakso biasa, tahu bakso Semarang ini cukup tebal dan menggunakan daging sapi asli sebagai isiannya, sehingga rasanya pun lebih nikmat saat disantap.

Makanan khas Semarang terdekat dengan Ungaran dan punya cabang di Semarang Kota, Anda dapat memilih Tahu Baxo Bu Pudji untuk cemilan maupun buah tangan. Terdapat pilihan tahu bakso kukus dan goreng, ada pula versi vakum supaya lebih awet selama perjalanan pulang.

Tak sempat ke Semarang tapi ingin menyantap tahu bakso untuk cemilan? Lebih baik coba membuat tahu bakso sendiri di rumah dengan melihat inspirasi resepnya di LOTTE Mart.

3. Tahu Petis Semarang

Selain tahu bakso, makanan khas Semarang adalah tahu petis. Kesannya terlalu umum, tapi jajanan khas Semarang ini berbeda karena sambal petisnya menggunakan bahan udang dan racikan bumbu khusus, sehingga tak berbau. Warnanya pun sedikit transparan dengan cita rasa gurih yang khas saat masuk mulut.

Tahu petis ini paling nikmat disantap bersama cabai ijo segar bagi yang suka pedas. Makanan khas Semarang terdekat dari pusat kota ini, mudah sekali dicari di area Simpang Lima dan sekitarnya. Harganya termasuk sangat terjangkau dengan potongan tahu yang lumayan besar dan bertekstur garing.

4. Wingko Babat Cap Kereta Api

Selanjutnya, makanan tradisional Semarang yang wajib dibeli untuk oleh-oleh orang di rumah adalah wingko babat, rekomendasi terbaiknya adalah Wingko Babat Cap Kereta Api. Makanan tradisional ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa gurih dari kelapa parut, tak heran jika berbagai kalangan menyukainya.

Meskipun Wingko Babat Cap Kereta Api banyak direkomendasikan, Anda dapat memilih wingko babat lainnya. Sebab di Semarang sendiri jajanan tradisional ini banyak dijual di area terminal, stasiun, maupun berbagai toko yang menjual oleh-oleh di sana.

5. Bandeng Presto Juwana

Selain berbagai jajanan, kuliner khas Semarang yang bisa dijadikan buah tangan maupun lauk makan adalah Bandeng Presto Juwana. Ikan bandeng termasuk makanan yang memakannya cukup susah, sehingga harus dipresto terlebih dahulu supaya durinya lunak dan bisa dimakan tanpa membuat tersedak.

Bandeng presto ala Semarang pertama kalinya diperkenalkan oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977. Dibuat dengan bumbu kunyit, bawang putih, dan garam kemudian dibalut daun pisang dan dimasak pada panci presto, bumbunya sudah pasti meresap sempurna sampai ke dalam.

Karena membuatnya dengan dipresto, bandeng tulang lunak ini cocok dibawa sebagai buah tangan. Makanan ini bisa disimpan hingga beberapa hari tanpa vakum, sedangkan bila divakum bisa sampai 1-2 bulan.

6. Tahu Pong

Olahan tahu memang tak ada bosan-bosannya, sebab dapat dijadikan cemilan sambil ngobrol ataupun tamabahan lauk makan. Apabila mencari yang populer dan harganya terjangkau, pilihan terbaik untuk makanan khas Semarang adalah tahu pong.

Tahu pong adalah tahu yang bagian tengah (isinya) kopong, jadi tidak sepadat hidangan tahu lainnya. Biasanya digoreng sampai tekstur luarnya garing tapi bagian dalamnya lembut. Rasanya sendiri asin dan gurih, seringkali disantap bersama cabai rawit ataupun cocolan sambal petis.

7. Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel

Makanan Semarang yang keberadaannya kurang terkenal adalah roti gambang atau sering disebut roti ganjel rel. Memiliki sejarah yang sebenarnya cukup panjang, ternyata makanan Semarang satu ini merupakan menu sarapan orang Belanda pada masanya. Cocok sekali disantap sebagai cemilan sore sambil minum teh ataupun pengganjal perut di pagi hari.

Disebut ganjel rel karena bentuk rotinya padat mirip bantalan pengganjal rel. Tak hanya dari bentuknya yang unik, roti gambang ini memiliki aroma khas wangi kayu manis. Produk kuliner khas Semarang ini mudah Anda temui di berbagai toko roti maupun toko oleh-oleh dengan harga mulai 12 ribuan saja.

8. Kue Mochi Kacang (Moaci Gemini)

Mochi adalah cemilan kenyal khas Jepang. Ternyata di Semarang sendiri terdapat kue mochi bernama Moaci Gemini yang merupakan perpaduan dari budaya Jepang dan Tionghoa.

Jika di Jepang mochi berukuran besar, tapi kue mochi ala Semarang ukurannya lebih kecil dengan isian kacang serta taburan wijen di atasnya. Rasanya tak hanya kenyal, tapi gurih dan harum berasal dari isian kacangnya. Siapapun pasti suka ketika dibawakan jajanan khas Semarang satu ini, terutama anak-anak.

Moaci Gemini tak hanya menghadirkan kue mochi isi kacang. Ada berbagai varian isian yang dapat dipilih, antara lain buah-buahan, coklat, cookies and cream, dan lainnya. Harganya pun termasuk terjangkau, mulai 17 ribu hingga 75 ribuan saja sudah bisa mendapatkannya.

9. Pisang Plenet

Mencari makanan tradisional Semarang dari buah? Cobalah pisang plenet! Ini merupakan makanan ringan dari buah pisang yang cara memasaknya dengan ditekan kemudian dibakar, setelah itu disajikan dengan aneka topping, seperti meses, keju, dan madu.

Makanan khas Kota Semarang ini paling mudah ditemui di area perkotaan, biasanya dijual oleh kaki lima dengan harga terjangkau. Jajanan ini tak heran disukai oleh berbagai kalangan, mulai anak kecil hingga orang dewasa.

10. Ayam Goreng Tulang Lunak

Makanan khas Semarang terdekat dengan area kota dan cukup mudah dicarinya, ayam goreng tulang lunak merupakan pilihan terbaik! Pada umumnya tulang ayam susah dikonsumsi, tapi ayam goreng tulang lunak dapat dengan mudah digigit karena bagian tulangnya mudah hancur.

Menu ayam goreng ini cocok disantap bersama keluarga tercinta, lebih nikmat disajikan bersama nasi hangat, sambal, serta lalapan. Itulah mengapa, makanan khas Kota Semarang ini cocok diberikan sebagai buah tangan untuk mengikat tali persaudaraan.

Follow Berita Info Semarang di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga18 April 2024, 15:34 WIB

Komitmen Dukung PSIS, Pemkot Semarang Fasilitasi Tim Mahesa Jenar Kembali Latihan di Stadion Citarum

Hal tersebut sebagai upaya mendukung tim kebanggan warga Kota Semarang agar mampu berprestasi di kancah Liga 1 2023/2024.
Stadion Citarum Semarang. (Sumber: )
Pendidikan17 April 2024, 19:19 WIB

Pererat Silaturahmi, FUHUM UIN Walisongo Semarang Gelar Halal Bi Halal

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal civitas akademika pada Rabu, 17 April 2024.
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal. (Sumber:  | Foto: dok Humas FUHUM UIN Walisongo Semarang.)
Semarang Raya17 April 2024, 13:43 WIB

Awal Mula Tradisi Kupat Jembut yang Hanya Ada di Semarang, Selalu Digelar Setelah Lebaran

Warga Pedurungan Semarang menggelar Kupat Jembut Semarang sebagai tradisi Syawalan usai Lebaran.
Kupat Jembut tradisi Syawalan di Pedurungan Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: istimewa/Halosemarang.)
Umum17 April 2024, 13:18 WIB

Potongan Tarif 20 Persen Arus Balik dari Semarang Menuju Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini

Bagi masyarakat yang belum kembali ke Jabotabek dapat memanfaatkan potongan tarif tol 20% untuk semua golongan kendaraan.
Arus balik menuju Jakarta. (Sumber:  | Foto: dok Jasa Marga.)
Umum17 April 2024, 13:12 WIB

Besok Kemenag Berangkatkan 20 Bus dari Semarang untuk Program Balik Gratis

Program Balik Gratis ini merupakan inisiasi Menag Yaqut Cholil Qoumas guna memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.
Kantor Kemenag RI. (Sumber: simpatika.kemenag.go.id)
Semarang Raya17 April 2024, 09:10 WIB

Pelaksanaan Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Jateng Lancar

Pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Jawa Tengah berjalan dengan lancar
 (Sumber: )
Semarang Raya16 April 2024, 21:48 WIB

Jumlah Wisatawan di Kota Semarang Saat Libur Lebaran Tertinggi se-Jateng, Kota Lama Favorit

Lonjakan wisatawan tersebut tertinggi di Jateng dengan angka mencapai 340 persen.
Kota Lama Semarang (Sumber:  | Foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/kota-lama-semarang)
Semarang Raya16 April 2024, 14:59 WIB

Tegas! Tak Ada WFH, ASN Pemkot Semarang Yang Bolos Kena Sanksi Potong TPP 15 Persen

Pemkot Semarang tidak memberlakukan Work From Home (WFH), bahkan memberikan sanksi berupa pemotongan TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) jika didapati ada yang membolos.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
 (Sumber:  | Foto: dok )
Semarang Raya16 April 2024, 14:29 WIB

Wali Kota Semarang Apresiasi Petugas Lapangan yang Tidak Libur saat Lebaran

Mbak Ita mengapresiasi para petugas lapangan yang memilih tak libur dan merayakan Lebaran.

Wali Kota Semarang memberikan penghargaan kepada petugas lapangan yang tetap bekerja selama libur Idul Fitri.
 (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot.)
Umum16 April 2024, 11:53 WIB

Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Lebaran, Pj Gubernur Jateng Cek Kehadiran ASN, Hasilnya...

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan apel bersama di halaman Kantor Gubernur setempat, pada Selasa, 16 April 2024 pagi.
Pj Guberbur Jateng Nana Sudjana memimpin apel bersama di halaman Kantor Gubernur, Selasa, 16 April 2024 pagi. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)