Ganjar Ungkap Berbagai Peluang Investasi di Indonesia saat Acara US – Indonesia Investment Summit, Transisi Energi sampai Industri Kesehatan

Andika Bahrudin
Rabu 25 Oktober 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi. Calon Presiden Ganjar Pranowo hadir dalam acara US – Indonesia Investment Summit yang digelar di Hotel Mandarin, Selasa (24/10/2023) pagi. (Sumber : YouTube Najwa Shihab)

Ilustrasi. Calon Presiden Ganjar Pranowo hadir dalam acara US – Indonesia Investment Summit yang digelar di Hotel Mandarin, Selasa (24/10/2023) pagi. (Sumber : YouTube Najwa Shihab)

INFOSEMARANG.COM -- Calon Presiden Ganjar Pranowo menghadiri US – Indonesia Investment Summit yang digelar di Hotel Mandarin, Selasa (24/10/2023). Dalam kegiatan tersebut Ganjar mengungkap peluang investasi di Indonesia dalam berbagai sektor.

Ganjar mengajak para hadirin untuk berkolaborasi dalam mewujudkan salah satu prioritas yang bakal dilakukannya apabila menjadi presiden, yaitu meningkatkan transisi energi dari bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) 13,4 persen pada tahun 2023 menuju 31,8 persen di 2034.

Ganjar menyebutkan bahwa transisi energi menjadi peluang bisnis yang sangat menarik untuk dimaksimalkan. Ganjar juga menyebutkan, butuh Rp. 1300 triliun untuk eksekusi percepatan ini.

“Skenario ini kita coba konfirmasi PLN tinggal apakah kita mempercepat atau faktor lain apakah terjadi perlambatan. Dibutuhkan Rp 1.300 triliun untuk eksekusi ini.” Ungkap Ganjar dalam kesempatan tersebut.

Ganjar lalu menyebutkan, hal ini merupakan kesempatan yang bisa dikerjakan persama dengan para pengusaha. “Saya sampaikan kara ini banyak pengusaha, ini loh opportunity yang bisa kita kerjakan, menuju energi yang lebih ramah.” Ucap Ganjar.

Ganjar kemudian menyebutkan kebutuhan Indonesia sangat tinggi untuk mengembangkan transisi energi. Salah satu transisi energi terbarukan yang dijadikan contoh oleh Ganjar adalah pengembangan panel surya.

Menurut Ganjar, ada perusahaan tenaga surya yang cukup besar. Ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan dalam bentuk panel surya.

“Ada perusahaan cukup besar di sana solar yang barangkali ketika melihat desain, inilah opportunity yang bisa kita kembangkan dan waktunya tidak terlalu lama.” Ujar Ganjar Pranowo.

Ganjar juga mengungkapkan, presiden terpilih nanti, sudah bisa menyiapkan skenario-skenario yang disebutkan untuk secara teknokratis mempersiapkan rencana-rencana kerja dan bekerja secara paralel.

“Taruhlah tanggal 14 Februari sore sudah ada hasil dari pemilihan, sebenarnya presiden terpilih punya waktu sampai Oktober tahun depan tentu saja sampai inagurasi,” tambahnya.

Kemudian, Ganjar membahas peluang ekonomi baru di Indonesia. Ganjar mengungkap Indonesia harus lebih efisien lagi, dengan membahas beberapa poin dalam mewujudkan efisiensi tersebut.

“Efisiensi itu bisa dilakukan kalau kemudian, investor masuk tidak terlalu sulit, kemudian pungli mesti dibereskan, pelayanan 3 hal, yang lebih murah, lebih mudah, lebih cepat harus dilakukan, memberikan kepastian hukum sekaligus penegakkan hukum” ucap Ganjar.

Ganjar kemudian membahas tentang perlunya kawasan industri kesehatan di Indonesia. Menurutnya, Indonesia bisa belajar dari pengalaman Covid-19 sehingga bisa mengajak kolaborasi dengan banyak negara lain agar dapat mewujudkan stabilitas.

“Indonesia perlu kawasan industri kesehatan. Ke depan, belajar dari pengalaman COVID-19 kemarin, kolaborasi antar negara diperlukan untuk itu.” Ungkapnya

Ganjar pun menyebutkan nama-nama perusahaan kesehatan yang berpotensi bisa diajak kerja sama dengan Indonesia, seperti Pfizer, Johnson & Johnson dan Merck.

“Beberapa peneliti Indonesia kemarin menyampaikan kepada Saya bahwa hasil risetnya sudah ada. Ketika ini diberikan kepada Pemerintah, maka potensi sudah ada, aktor, lembaga, yang sudah bisa mengeksekusi juga ada. Dukungan keuangannya tinggal disiapkan,” ungkap Ganjar.

“Pertanyaannya cuman satu, kenapa tidak dilakukan? maka dari itu, hal ini menjadi kesempatan kolaborasi yang bisa kita lakukan,” lanjutnya.

#ganjarpresiden #ganjarpranowo #ganjarmahfud2024 #investmentsummit #industrikesehatan #energiterbarukan

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkini
Umum16 Mei 2024, 15:51 WIB

Ini Dia Empat Pelajar untuk Calon Paskibraka Nasional Asal Jateng

Keempat calon Paskibraka asal Jateng itu akan melaksanakan tugas pada HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta.
Empat pelajar calon Paskibraka di tingkat nasional asal Jateng bertemu Sekda.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Semarang Raya16 Mei 2024, 13:22 WIB

Singgah Di Semarang, Rombongan Bhikku Thudong Disambut Tari-Tarian

Bhikkhu Thudong ke Candi Borobudur dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak.
Sebanyak 43 Bhikkhu Thudong singgah di Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum15 Mei 2024, 20:23 WIB

Rombongan Bhikkhu Thudong Singgah di Semarang Sebelum Peringati Waisak di Borobudur

Pemprov Jateng bersama TNI-Polri akan mengawal dan menyukseskan ritual thudong hingga puncak peringatan Waisak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyambut hangat kedatangan puluhan bhikkhu thudong.. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Umum15 Mei 2024, 15:24 WIB

Jelang Pemilu Pilkada di Jateng, TNI, Polri dan Pemda Gelar Konsolidasi Terkait Keamanan

Tiga pilar yang dimaksud dalam pertemuan ini yaitu TNI (Babinsa), Polri (Babinkamtibmas), dan Kelurahan (Pemerintah Daerah).

Konsolidasi Tiga Pilar di Gedung Serba Guna PIP Kota Semarang, 15 Mei 2024.
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Olahraga15 Mei 2024, 15:02 WIB

Asian School Badminton Championship 2024 Bakal Digelar di Semarang, Diikuti 7 Negara

Jawa Tengah akan menjadi tuan rumah pada perhelatan olahraga Asian School Badminton Championship pada 25 Agustus-3 September 2024 mendatang.
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat audiensi dengan perwakilan Kemenpora. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Umum15 Mei 2024, 12:45 WIB

Cuaca Panas Kota Semarang Lagi Panas-Panasnya, Disarankan Banyak Minum Air Putih

Masyarakat diminta menjaga kesehatan tubuh dengan banyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi.
Kota Lama Semarang (Sumber:  | Foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/kota-lama-semarang)
Bisnis14 Mei 2024, 19:04 WIB

Ekonom Bank Mandiri Sebut Pertumbuhan Ekonomi Didorong Belanja Pemilu dan Pembayaran THR

Pertumbuhan ekonomi didorong oleh akselerasi belanja Pemerintah terutama terkait Pemilu yang juga bersamaan dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya.
Gedung Bank Mandiri (foto ilustrasi( (Sumber:  | Foto: dok Bank Mandiri)
Semarang Raya14 Mei 2024, 17:06 WIB

Revitalisasi Pecinan, Pemkot Semarang Akan Benahi Kawasan Kelenteng Tay Kak Sie

Revitalisasi akan difokuskan pada pembangunan di kawasan Kelenteng Tay Kak Sie dan tetenger atau gerbang masuk gapura di Jalan Pekojan.
Mbak Ita bersepeda menyusuri sepanjang Kali Semarang dari Belakang Balai Kota Semarang menuju Tay Kak Sie. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum14 Mei 2024, 16:29 WIB

Pengurus Ivendo Jateng Dilantik, Percepat Sertifikasi Anggota

Pada pelantikan tersebut dikukuhkan pengurus terpilih dengan ketua Antok Boni Trisnanto.
Pelantikan Ivendo Jateng periode 2024-2027. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)
Umum14 Mei 2024, 16:25 WIB

Korea Menjadi Negara Paling Diminati Pekerja Migran Asal Jateng, Alasan Utama Gaji Tinggi

Korea masih menjadi negara incaran pahlawan devisa. Salah satunya karena faktor perlindungan dan gaji yang tinggi bagi pekerja migran.
Kepala BP2MI Benny Rhamdani. (Sumber:  | Foto: Sakti Setiawan.)