Jelang Ramadhan, Pertamina Amankan Pasokan BBM dan LPG di Jateng DIY

Sakti Setiawan
Sabtu 09 Maret 2024, 13:02 WIB
Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY jelang Ramadhan 2024.  (Sumber: Pertamina )

Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY jelang Ramadhan 2024. (Sumber: Pertamina )

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM ― Mengantisipasi kenaikan konsumsi atas peningkatan aktivitas masyarakat di Jawa Tengah dan DIY jelang ramadhan seperti kegiatan dugderan, nyadran dan kegiatan berkumpul lainnya, Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Provinsi Jawa Tengah dan DIY terpenuhi dan aman jelang bulan Ramadhan 2024.

“Berdasarkan realisasi konsumsi tahun lalu, diperkirakan akan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 4%-5% di periode Jumat-Minggu, 8-10 Maret 2024, dimana presentase tersebut dibandingkan dengan rerata harian normal yaitu di periode Januari - Februari 2024,” ungkap Area Manager Com, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Sabtu 9 Maret 2024.

Selama periode jelang ramadhan, tren konsumsi LPG wilayah Jawa Tengah yang diestimasikan mengalami peningkatan cukup tinggi adalah wilayah Kota Salatiga, Kab Batang dan Kab Grobogan kemudian untuk wilayah DIY, wilayah Kab Sleman, Kota Yogyakarta dan Kab Kulon progo yang diestimasikan mengalami peningkatan.

“Seperti produk LPG, produk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) juga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi hingga 9% jelang bulan suci ramadhan bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024,” ujar Brasto.

Brasto menambahkan, untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, Pertamina Patra Niaga memastikan kehandalan operasional dimulai dari terminal, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

"Ketahanan stok saat ini untuk Solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM non subsidi di angka 10 -51 hari, LPG 5 hari dan Avtur 35,4 hari, angka tersebut adalah angka yang mencukupi kebutuhan konsumen,” ungkap Brasto.

Terkait adanya libur Hari Suci Nyepi di hari pertama bulan ramadhan yaitu di hari Senin(11/3), apabila konsumen ingin memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas, konsumen dapat dimudahkan dengan menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkap Brasto.

Tidak lupa, Brasto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga juga berbagi keceriaan bersama konsumen dengan menghadirkan MyPertamina Tebar Hadiah 2024.

Program tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan setia Pertamax Series, Dex Series dan LPG Bright Gas yang transaksinya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

"Tingkatkan transaksi anda dengan MyPertamina dan kumpulkan kupon undian pada periode 1 Maret hingga 31 Oktober 2024 dan menangkan paket haji Furoda hinggga BMW 320i, paket liburan dan ratusan hadiah lainnya," jelas Brasto.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga18 April 2024, 15:34 WIB

Komitmen Dukung PSIS, Pemkot Semarang Fasilitasi Tim Mahesa Jenar Kembali Latihan di Stadion Citarum

Hal tersebut sebagai upaya mendukung tim kebanggan warga Kota Semarang agar mampu berprestasi di kancah Liga 1 2023/2024.
Stadion Citarum Semarang. (Sumber: )
Pendidikan17 April 2024, 19:19 WIB

Pererat Silaturahmi, FUHUM UIN Walisongo Semarang Gelar Halal Bi Halal

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal civitas akademika pada Rabu, 17 April 2024.
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo menggelar Halal bi Halal. (Sumber:  | Foto: dok Humas FUHUM UIN Walisongo Semarang.)
Semarang Raya17 April 2024, 13:43 WIB

Awal Mula Tradisi Kupat Jembut yang Hanya Ada di Semarang, Selalu Digelar Setelah Lebaran

Warga Pedurungan Semarang menggelar Kupat Jembut Semarang sebagai tradisi Syawalan usai Lebaran.
Kupat Jembut tradisi Syawalan di Pedurungan Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: istimewa/Halosemarang.)
Umum17 April 2024, 13:18 WIB

Potongan Tarif 20 Persen Arus Balik dari Semarang Menuju Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini

Bagi masyarakat yang belum kembali ke Jabotabek dapat memanfaatkan potongan tarif tol 20% untuk semua golongan kendaraan.
Arus balik menuju Jakarta. (Sumber:  | Foto: dok Jasa Marga.)
Umum17 April 2024, 13:12 WIB

Besok Kemenag Berangkatkan 20 Bus dari Semarang untuk Program Balik Gratis

Program Balik Gratis ini merupakan inisiasi Menag Yaqut Cholil Qoumas guna memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.
Kantor Kemenag RI. (Sumber: simpatika.kemenag.go.id)
Semarang Raya17 April 2024, 09:10 WIB

Pelaksanaan Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Jateng Lancar

Pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Jawa Tengah berjalan dengan lancar
 (Sumber: )
Semarang Raya16 April 2024, 21:48 WIB

Jumlah Wisatawan di Kota Semarang Saat Libur Lebaran Tertinggi se-Jateng, Kota Lama Favorit

Lonjakan wisatawan tersebut tertinggi di Jateng dengan angka mencapai 340 persen.
Kota Lama Semarang (Sumber:  | Foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/kota-lama-semarang)
Semarang Raya16 April 2024, 14:59 WIB

Tegas! Tak Ada WFH, ASN Pemkot Semarang Yang Bolos Kena Sanksi Potong TPP 15 Persen

Pemkot Semarang tidak memberlakukan Work From Home (WFH), bahkan memberikan sanksi berupa pemotongan TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) jika didapati ada yang membolos.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
 (Sumber:  | Foto: dok )
Semarang Raya16 April 2024, 14:29 WIB

Wali Kota Semarang Apresiasi Petugas Lapangan yang Tidak Libur saat Lebaran

Mbak Ita mengapresiasi para petugas lapangan yang memilih tak libur dan merayakan Lebaran.

Wali Kota Semarang memberikan penghargaan kepada petugas lapangan yang tetap bekerja selama libur Idul Fitri.
 (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot.)
Umum16 April 2024, 11:53 WIB

Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Lebaran, Pj Gubernur Jateng Cek Kehadiran ASN, Hasilnya...

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan apel bersama di halaman Kantor Gubernur setempat, pada Selasa, 16 April 2024 pagi.
Pj Guberbur Jateng Nana Sudjana memimpin apel bersama di halaman Kantor Gubernur, Selasa, 16 April 2024 pagi. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)