Jelang Ramadhan, Pertamina Amankan Pasokan BBM dan LPG di Jateng DIY

Sakti Setiawan
Sabtu 09 Maret 2024, 13:02 WIB
Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY jelang Ramadhan 2024.  (Sumber: Pertamina )

Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY jelang Ramadhan 2024. (Sumber: Pertamina )

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM ― Mengantisipasi kenaikan konsumsi atas peningkatan aktivitas masyarakat di Jawa Tengah dan DIY jelang ramadhan seperti kegiatan dugderan, nyadran dan kegiatan berkumpul lainnya, Pertamina pastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Provinsi Jawa Tengah dan DIY terpenuhi dan aman jelang bulan Ramadhan 2024.

“Berdasarkan realisasi konsumsi tahun lalu, diperkirakan akan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 4%-5% di periode Jumat-Minggu, 8-10 Maret 2024, dimana presentase tersebut dibandingkan dengan rerata harian normal yaitu di periode Januari - Februari 2024,” ungkap Area Manager Com, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Sabtu 9 Maret 2024.

Selama periode jelang ramadhan, tren konsumsi LPG wilayah Jawa Tengah yang diestimasikan mengalami peningkatan cukup tinggi adalah wilayah Kota Salatiga, Kab Batang dan Kab Grobogan kemudian untuk wilayah DIY, wilayah Kab Sleman, Kota Yogyakarta dan Kab Kulon progo yang diestimasikan mengalami peningkatan.

“Seperti produk LPG, produk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) juga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi hingga 9% jelang bulan suci ramadhan bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024,” ujar Brasto.

Brasto menambahkan, untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, Pertamina Patra Niaga memastikan kehandalan operasional dimulai dari terminal, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

"Ketahanan stok saat ini untuk Solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM non subsidi di angka 10 -51 hari, LPG 5 hari dan Avtur 35,4 hari, angka tersebut adalah angka yang mencukupi kebutuhan konsumen,” ungkap Brasto.

Terkait adanya libur Hari Suci Nyepi di hari pertama bulan ramadhan yaitu di hari Senin(11/3), apabila konsumen ingin memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas, konsumen dapat dimudahkan dengan menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkap Brasto.

Tidak lupa, Brasto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga juga berbagi keceriaan bersama konsumen dengan menghadirkan MyPertamina Tebar Hadiah 2024.

Program tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan setia Pertamax Series, Dex Series dan LPG Bright Gas yang transaksinya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

"Tingkatkan transaksi anda dengan MyPertamina dan kumpulkan kupon undian pada periode 1 Maret hingga 31 Oktober 2024 dan menangkan paket haji Furoda hinggga BMW 320i, paket liburan dan ratusan hadiah lainnya," jelas Brasto.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya26 Juli 2024, 19:00 WIB

Tempat Hiburan Semarang Menggeliat, Orbit Kembali Buka dengan Konsep Futuristik

Orbit yang berlokasi di Jalan Permata Hijau BB No 25 Semarang atau dekat dengan Hasanudin dan kawasan Tanah Mas ini, memberikan sensasi seperti party di dalam rocketship.
Suasana venue Orbit di Jalan Permata Hijau BB No 25 Semarang, bernuansa futuristik. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum26 Juli 2024, 13:31 WIB

Tulis Cerpen Tentang Polemik Kebaya Korea, Sevina Raih Juara 1 Peksimida Jateng

isu modifikasi kebaya membuat banyak warganet mempertanyakan keautentikannya sebagai salah satu produk budaya Indonesia.
Sevina Dwi Alyani terpilih sebagai Juara 1 Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida).  (Sumber:  | Foto: dok )
Umum26 Juli 2024, 12:54 WIB

Taman Balekambang Solo, Bakal Jadi Jujugan Wisata Budaya, Syarat Akan Nilai Sejarah

Taman Balekambang kini dijadikan taman hijau, tempat rekreasi, edukasi, serta pengembangan budaya dan seni.
Peresmian Taman Balekambang Solo. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Bisnis26 Juli 2024, 12:23 WIB

Sore Ini, Kawasan Industri Terpadu Batang City Diresmikan Presiden Jokowi, Beri Dampak Positif Ekonomi Jateng

Peresmian ini menandai dimulainya fase pertama dalam pengembangan kawasan industri yang diproyeksikan akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian Jawa Tengah dan Indonesia secara keseluruhan.
Kawasan Industri Terpadu Batang.  (Sumber:  | Foto: dok KITB.)
Semarang Raya26 Juli 2024, 09:19 WIB

Pemprov Jateng Genjot Pengembangan Kawasan Industri

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mengembangkan jumlah kawasan industri di wilayahnya. Sebab, iklim investasi di provinsi ini terus menggeliat.
Pemprov Jateng Genjot Pengembangan Kawasan Industri (Sumber: )
Umum25 Juli 2024, 16:12 WIB

Jateng Dapat Kuota 11 Ribu Unit Rumah Subsidi dari BP Tapera

Rumah subsidi tersebut disediakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di Kota dan Kabupaten Semarang, Kendal, Kota Salatiga, Demak, Batang, Kudus, Pati, Jepara, Temanggung, dan Grobogan.
Peringatan Hari Perumahan Nasional, di Mal Ciputra Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)
Bisnis25 Juli 2024, 15:53 WIB

Rakernas HKI di Semarang Usulkan Pembentukan Badan Pengelola Khusus Kawasan Industri

Usulan ini disampaikan karena selama ini, berbagai persoalan terkait kawasan industri tidak langsung teratasi lantaran banyaknya rantai birokrasi yang mesti dilalui.
Rakernas Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Hotel Gumaya Semarang, Kamis 25 Juli 2024.  (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum25 Juli 2024, 10:50 WIB

Sebanyak 9 Even Specta Jateng Sukses Digelar, Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata

Saat ini sudah terlaksana sembilan dari total 14 event Specta Jateng yang direncanakan pada 2024.
Specta Jateng Combat Fest 2024 di Tirtonadi Convention Hall Solo, pada 24-26 Juli 2024. 
 (Sumber:  | Foto: dok )
Bisnis24 Juli 2024, 17:23 WIB

Bank Mandiri Gelontorkan KUR Rp 19,33 triliun, di Jateng DIY Capai Rp 2,48 Triliun

Bank Mandiri mendukung program pemerintah dalam mengembangkan sektor UMKM melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Bank Mandiri mendukung program pemerintah dalam mengembangkan sektor UMKM melalui penyaluran KUR. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum24 Juli 2024, 16:05 WIB

Sebanyak 30 Daerah di Jateng Tetapkan Siaga Darurat Kekeringan

Sebanyak 30 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah menetapkan status siaga darurat kekeringan.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat rapat Koordinasi Siaga Kekeringan bersama BNP. (Sumber:  | Foto: sakti)